Peran Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di MAN 1 Kabupaten Madiun

Cahyono, Agung Priyo Dwi (2024) Peran Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di MAN 1 Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi agungpdc.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Cahyono, Agung Priyo Dwi. 2024. Peran Kepala Madrasah Sebagai Manajer
Dalam Meningkatkan Kinerja Tenaga Pendidik di MAN 1 Kabupaten Madiun. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci: Kepala Madrasah, Manajer, Tenaga Pendidik
Kepala madrasah menjadi kunci utama dalam mengelola seluruh potensi dan segala aktivitas yang ada dan berlangsung di madrasah untuk mewujudkan tujuan pendidikan yang hendak dicapai. Salah satu peran kepala madrasah sebagai seorang manajer. Kepala madrasah memiliki keahlian manajerial yang baik dalam mengembangkan tenaga pendidik yang ada di madrasah, hal tersebut dapat dilihat dari hasil penilain kinerja guru yang sudah baik, sehingga akan dicapai pembelajaran yang baik dan siswa berprestasi.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mengetahui dan menganalisis kemampuan kepala madrasah menyusun program dalam meningkatan kinerja tenaga pendidik; (2) Mengetahui dan menganalisis kemampuan kepala madrasah melaksanakan program dalam mengingkatkan kinerja tenaga pendidik; (3) Mengetahui dan menganalisis kemampuan kepala madrasah mengevaluasi program dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik.
Untuk menjawab seluruh pertanyaan diatas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun sumber data didapatkan dari beberapa narasumber yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, dan beberapa tenaga pendidik. Teknik pengumpulan data yang dipilih adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles, Hubner, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa; (1) Kepala madrasah menyusun program dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MAN 1 Kabupaten Madiun dimulai dengan pembentukan tim, mengidentifikasi kebutuhan tenaga pendidik, memetakan kebutuhan tenaga pendidik, memetakan program, penyusunan dilaksanakan di awal tahun ajaran baru, dan program dilaksanakan didalam dan diluar madrasah; (2) Kepala madrasah melaksanakan program dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MAN 1 Kabupaten Madiun ini berperan penuh secara strategis, memotivasi tenaga pendidik untuk terus meningkatkan kinerja, program dilaksanakan secara kondisional, kepala madrasah mewajibkan tenaga pendidik mengikuti pelatihan pintar yang diadakan Kemenag minimal satu kali dalam satu semester dan dibuktikan dengan memiliki sertifikat pelatihan pintar; (3) Kepala madrasah mengevaluasi program dalam meningkatkan kinerja tenaga pendidik di MAN 1 Kabupaten Madiun dengan mekanisme; (a) Evaluasi program secara langsung setelah program dilaksanakan, dengan cara melihat apakah program sudah berhasil dilakukan, dan sudah sesuai dengan tujuan yang diharapkan; dan (b) Dilaksanakan dalam rapat dinas setiap bulan, dimana hasil dari evaluasi sudah baik dibuktikan dengan meningkatnya kinerja tenaga pendidik, mutu pembelajaran dan prestasi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 03:01
Last Modified: 19 Jun 2024 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28655

Actions (login required)

View Item View Item