(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN, DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..omestifikasi Wanita Ṣālihah Perspektif Al-Qur’an (Kontekstualisasi Wanita Modern)

Lazulfa, Haiyin Lana (2024) (GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN, DAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, UPLOAD ULANG)..omestifikasi Wanita Ṣālihah Perspektif Al-Qur’an (Kontekstualisasi Wanita Modern). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Domestifikasi Wanita Ṣālihah Perspektif Al-Qur’an (Kontekstualisasi Wanita Modern). Haiyin Lana Lazulfa.pdf

Download (2MB)

Abstract

Islam menaruh perhatian yang besar terhadap persoalan-persoalan wanita. Hal ini dibuktikan dengan al-Qur’an yang membicarakan persoalan-persoalan wanita di berbagai surat dan ayatnya. Pembicaraan tersebut menyangkut berbagai sisi kehidupan wanita. Salah satunya adalah wanita yang ṣālihah. Terlebih pada zaman modern ini. Banyak factor yang menyebabkan wanita keluar dari rumahnya untuk menyelesaikan suatu keperluannya. Akan tetapi, dengan keluarnya wanita dari rumahnya juga akan menimbulkan suatu bahaya tersendiri. Terkait engan ini, penulis akan meneliti dalam perspektif al-Qur’an dan mengkontekstualisasikannya dengan kehidupan wanita modern.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, penghimpunan data dilakukan melalui library research atau bersifat kepustakaan. Dengan menggunakan sumber data primer yaitu kitab-kitab tafsir klasik hingga kontemporer terhadap ayat al-Qur’an tentang wanita ṣalihah dan sumber data sekunder yang digunakan untuk menopang penelitian adalah buku, e-book, jurnal, dan literature yang relevan lainnya baik berupa teori maupun metode yang secara khusus menganalisis terkait dengan wanita ṣālihah.Adapun pengolahan datanya, penelitihan ini menggunakan pendekatan deskriptif analitik.
Hasil dari analisis penulis, terkait dengan domestifikasi wanita ṣālihah menunjukkan bahwa tugas domestik merupakan tetap menjadi tugas pokok dari seorang wanita. Wanita dibolehkan keluar dari rumahnya dalam keadaan darurat saja, semisal untuk belajar, bekerja, dan keperluan shar’i. Tidak ada larangan dalam Islam untuk wanita yang bekerja. Ranah domestik pun adalah sebuah pekerjaan wanita. Maka, ketika kondisi mengharuskannya untuk keluar dari rumahnya guna mencukupi kebutuhan hidupnya karena yang seharusnya mencukupinya tidak ada, maka hal itu boleh. Dengan berbagai ketentuan tetap menjaga diri dan kehormatannya sebagai wanita, serta menjaga suaminya. Dengan tanpa menurunkan derajat ke-ṣālih-annya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:53
Last Modified: 19 Jun 2024 02:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28634

Actions (login required)

View Item View Item