Firsta, Rosiana Octa (2024) Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
PAI_201200177_ROSIANA OCTA FIRSTA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Firsta, Rosiana Octa. 2024. Pengaruh Penggunaan Media Sosial TikTok tehadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ju’subaidi, M.Ag.
Kata Kunci : TikTok, Minat Belajar
Tidak bisa dipungkiri bahwasannya arus globalisasi semakin pesat. Pesatnya arus globalisasi ini ditandai dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin lama semakin canggih, salah satunya yaitu dengan media sosial TikTok. Media sosial Tiktok merupakan media sosial bersifat audio visual yang menyediakan berbagai fitur-fitur menarik. Pengguna media sosial TikTok dapat membuat vidio dengan fitur yang disediakan, kemudian mengunggah di akun TikTok nya sehingga dapat berpotensi viral. Selain itu, pengguna juga dapat terhibur degan vidio yang diuggah oleh creator lainnya. Dengan konten yang dirancang untuk menghibur dan mengikat pengguna sepanjang waktu, siswa dapat menghabiskan waktu lebih banyak untuk menonton video daripada mengerjakan tugas sekolah atau belajar. Minat untuk menggunakan TikTok jauh lebih besar daripada minat untuk belajar. Hal tersebut dikarenakan vidio-vidio yang ada di TikTok jauh lebih menarik dari pada belajar.
Adapun tujuan dari pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media sosial TikTok terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa di SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo yang berjumlah 243 siswa, dan sampel yang diambil sebanyak 60 siswa. Kemudian data dikumpulkan melalui angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana yang dianalisis menggunakan SPSS versi 26.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media sosial TikTok terhadap minat belajar siswa yaitu: Y = 3,093 + 0, 893X diperoleh P (signifikan) 0,000 < 0,05 atau thitung, 8,817 > ttabel 1,672 sehingga media sosial TikTok mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar. Diperoleh informasi bahwa pengaruh media sosial TikTok terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sebesar 56,7% dan sisanya 43,3% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ju'subaidi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:40 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28632 |
Actions (login required)
View Item |