..FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..MAKNA DAKWAH DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI DI DUSUN BLEGO KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI (Studi Kasus Etnografi Dalam Tradisi Sedekah Bumi)

Kholis, Fajar Ainnur (2024) ..FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..MAKNA DAKWAH DALAM TRADISI SEDEKAH BUMI DI DUSUN BLEGO KECAMATAN PARON KABUPATEN NGAWI (Studi Kasus Etnografi Dalam Tradisi Sedekah Bumi). Undergraduate (S1) thesis, Iain Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kholis, Fajar Ainnur, 2024 – Makna Dakwah Dalam Tradisi Sedekah Bumi Di Dusun Blego Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Mahasiswa Komunikasi Dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muhamad Irfan Riyadi, M.Ag.
Kata kunci: (Tradisi, Sedekah Bumi, Simbol, Makna Dakwah )
Penelitian yang dibahas dalam skripsi ini adalah terkait tradisi yang diselenggarakan pada setiap tahunnya oleh Masyarakat Dusun Blego, yaitu tradisi sedekah bumi. Jika diteliti lebih dalam banyak perpaduan antara agama Islam dan budaya yang sudah menjadi warisan masyarakat desa. Sehingga penelitian mengenai tradisi ini menarik untuk dilakukan, seperti halnya sebuah Tradisi Sedekah bumi merupakan suatu bagian dari upacara tradisi adat istiadat yang menyiratkan suatu makna dakwah yang mendalam yang terkandung didalamnya. Pada penelitian ini Upacara Tradisi Sedekah bumi diadakan di Dusun Blego Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi Pada bulan Juni atau sekitar sesudah masa panen padi ke dua.
Tradisi Sedekah Bumi Di Dusun blego merupakan sebuah ritual yang biasanya dilakukan oleh masyakat Jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun dari nenek moyang orang Jawa terdahulu yang bertujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas limpahan hasil bumi yang melimpah. Dalam pelaksanaan tradisi sedekah bumi ini didalamnya terdapat 3 tahapan, yaitu; Pra acara, Acara dan Paska Acara.
Tahap pelaksanaan atau acara ini biasanya masyarakat membawa nasi tumpeng dan ayam ingkung (ayam utuh) untuk didoakan secara bersama-sama. Simbol tersebut mempunyai arti yaitu sebagai wasilah kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad agar manusia mempunyai pegangan hidup kepada Allah SWT dan mendapat syafaat dari Allah SWT.Nilai dakwah tentang ibadah yang terkandung dalam tradisi sedekah bumi Di Dusun Blego adalah nilai syukur, nilai sedekah, nilai silaturahmi, dan nilai kedisiplinan. Dari kesemua nilai yang terkandung dalam pelaksanaan sedekah bumi, diharapkan masyarakat dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Muhamad Irfan Riyadi, M.Ag
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:39
Last Modified: 19 Jun 2024 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28620

Actions (login required)

View Item View Item