Nilai-nilai Pendidikan dalam Kegiatan Ro’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Muqorrobin Ronowijayan Siman Ponorogo

Azizah, Alfiana Masfiatul (2024) Nilai-nilai Pendidikan dalam Kegiatan Ro’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Muqorrobin Ronowijayan Siman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ALFIANA M..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan tidak hanya sekadar sebagai alat untuk menggali pengetahuan, tetapi juga sebagai wadah untuk mengembangkan seluruh potensi individu peserta didik. Sebagai lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, Pondok Pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan moralitas generasi muda. Di dalamnya, terdapat beragam kegiatan dan praktik yang erat dengan nilai-nilai luhur, salah satunya adalah kegiatan ro'an. Setiap pesantren memiliki ciri khas dan keunikan dalam pelaksanaan kegiatan ro'an. Penelitian ini akan menggali secara spesifik nilai-nilai pendidikan dalam kegiatan ro’an yang diterapkan di Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Al-Muqorrobin, sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan pendidikan pesantren secara umum.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan dalam kegiatan ro’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Muqorrobin Ronowijayan Siman Ponorogo, (2) Untuk mendeskripsikan manfaat dari nilai-nilai pendidikan dalam kegiatan ro’an terhadap santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Muqorrobin Ronowijayan Siman Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan pendekatan studi kasus. Untuk mendapatkan data-data yang valid dilakukan dengan wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Subjek utama yang dijadikan sumber data adalah ketua pondok, pengurus bidang kebersihan dan juga santri Pondok Pesantren Al-Muqorrobin. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini mencakup (1) nilai-nilai pendidikan dalam kegiatan ro’an meliputi beberapa aspek yaitu nilai kedisplinan, nilai kebersamaan, nilai kemandirian, nilai keikhlasan dan juga nilai kesederhanaan. (2) Manfaat dari nilai pendidikan pesantren dalam kegiatan ro’an yaitu menjadikan santri lebih disiplin dalam memanajemen waktu, lebih memiliki tanggung jawab serta sikap gotong royong yang tinggi, juga lebih mandiri, ikhlas dalam menjalankan kegiatan dan lebih sederhana juga tidak bermewah-mewahan dalam hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:13
Last Modified: 19 Jun 2024 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28595

Actions (login required)

View Item View Item