Oktaviani, Nabela Yesi (2024) Motivasi Belajar Sebagai Mediasi Pengaruh Peran Guru Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar PAIBP Di SMAN 1 Slahung Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
201200147_Nabela Yesi Oktaviani_Skripsi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar PAIBP merupakan hasil akhir yang diperoleh siswa melalui
pengalaman belajarnya setelah mengikuti kegiatan pembelajaran PAIBP. Faktor
yang mempengaruhi pencapaian proses hasil belajar siswa dibagi menjadi 2 (dua),
yaitu faktor internal dan eksternal. Peran guru dan dukungan orang tua adalah faktor
eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar secara langsung maupun tidak
langsung. Motivasi belajar dapat menjadi mediasi peran guru dan dukungan orang
tua untuk memperoleh hasil belajar yang optimal. Guru dituntut kreatif dalam
membangkitkan motivasi belajar siswa. Dengan adanya motivasi yang muncul dari
siswa dan adanya dukungan dari orangtua, maka akan menunjang hasil belajar
siswa yang lebih baik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskipsikan pengaruh peran guru
terhadap motivasi belajar, 2) mendeskripsikan pengaruh dukungan orang tua
terhadap motivasi belajar, 3) mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar terhadap
hasil belajar, 4) mendeskripsikan pengaruh peran guru terhadap hasil belajar, 5)
mendeskripsikan pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil belajar, 6)
mendeskripsikan pengaruh peran guru terhadap hasil belajar dengan mediasi
motivasi belajar, 7) mendeskripsikan pengaruh dukungan orang tua terhadap hasil
belajar dengan mediasi motivasi belajar.
Penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis
penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X
di SMAN 1 Slahung Ponorogo yang berjumlah 124 siswa. Teknik yang digunakan
dalam pengambilan sampel penelitian ini adalah sampel jenuh. Pengambilan data
dilakukan melalui angket dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian
dianalisis dengan menggunakan analisis (PLS-SEM) dengan bantuan software
Smartpls 3.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa: 1) pengaruh peran guru
terhadap motivasi belajar positif dan signifikan dengan nilai P-value sebesar
0,0004<0,050, 2) pengaruh dukungan orang tua terhadap motivasi belajar positif
dan signifikan dengan nilai P-value sebesar 0,000<0,050, 3) pengaruh motivasi
belajar terhadap hasil belajar positif dan signifikan dengan nilai P-value sebesar
0,000<0,050, 4) pengaruh peran guru terhadap hasil belajar positif dan tidak
signifikan dengan nilai P-value sebesar 0,397>0,050, 5) pengaruh dukungan orang
tua terhadap hasil belajar positif dan tidak signifikan dengan nilai P-value sebesar
0,626>0,050, 6) peran guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil
belajar dengan mediasi motivasi belajar dengan nilai P-value sebesar 0,008<0,050,
7) dukungan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar
dengan mediasi motivasi belajar dengan nilai P-value sebesar 0,000<0,050.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muhammad Ali |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:16 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:16 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28592 |
Actions (login required)
View Item |