Saputri, Afifah Arih (2024) Kemampuan Membaca Permulaan Ditinjau Dari Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas 1 SDN 1 Pakunden Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI AFIFAH ARIH SAPUTRI 203200139 PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Saputri, Afifah Arih. 2024. Kemampuan Membaca Permulaan Ditinjau dari Kemampuan Berbicara Siswa Kelas I SDN 1 Pakunden Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata kunci: Kemampuan membaca permulaan, kemampuan berbicara
Pembelajaran berbahasa yang baik tentu tidak melupakan kemampuan-kemampuan dalam berbahasa. Kemampuan berbahasa meliputi empat aspek antara lain kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Terdapat beberapa keterkaitan empat aspek kemampuan berbahasa. Salah satunya, yaitu hubungan kemampuan membaca dengan kemampuan berbicara. Untuk mengetahui hubungan membaca permulaan dengan berbicara pada siswa kelas I peneliti melakukan pengamatan dalam kemampuan membaca permulaan dan kemampuan berbicara.
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan (1) kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 1 Pakunden Ponorogo, (2) kemampuan berbicara siswa kelas I SDN Pakunden Ponorogo, (3) kemampuan membaca permulaan ditinjau dari kemampuan berbicara siswa kelas I SDN 1 Pakunden Ponorogo.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan reduksi data yang didapat dari hasil tes kemampuan membaca permulaan dan hasil tes kemampuan berbicara. Peneliti menyajikan data dari hasil tes ke dalam bentuk narasi. Hal tersebut dilakukan supaya dapat mudah dipahami oleh peneliti maupun pembaca.
Dalam penelitian ini diperoleh hasil (1) kemampuan membaca permulaan siswa kelas I SDN 1 Pakunden Ponorogo kategori sangat baik dengan frekuensi sebanyak 10 siswa (50%), kategori baik sebanyak 9 siswa (45%), kategori cukup sebanyak 1 siswa ( 5%). (2) kemampuan berbicara kategori sangat baik dengan frekuensi sebanyak 8 siswa (40%), kategori baik sebanyak 11 siswa (55%), kategori cukup sebanyak 1 siswa (5%). (3) hasil kemampuan membaca permulaan ditinjau dari kemampuan berbicara menunjukkan bahwa (1) Siswa kelas I SDN 1 Pakunden Ponorogo yang memiliki kemampuan berbicara sangat baik kemampuan membaca permulaannya sangat baik; (2) Siswa kelas I SDN 1 Pakunden Ponorogo yang memiliki kemampuan berbicara baik kemampuan membaca permulaannya baik; (3) Siswa kelas I SDN 1 Pakunden Ponorogo yang memiliki kemampuan berbicara cukup kemampuan membaca permulaannya cukup. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara dapat memberikan dampak terhadap kecermatan dan kelancaran dalam membaca permulaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Berlian Pancarrani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 02:15 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 02:15 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28590 |
Actions (login required)
View Item |