..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN KEASLIAN TULISAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG).. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil' Alamin Tema Kewirausahaan Topik Olahan Buah di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung

Helmy Nova, Helmy (2024) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN KEASLIAN TULISAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS, TAMBAHKAN WATERMARK S/D DAFTAR PUSTAKA, UPLOAD ULANG).. Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil' Alamin Tema Kewirausahaan Topik Olahan Buah di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
PGMI_203200177_HELMY NOVA CAHYA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum merdeka adalah sistem kurikulum yang mengedepankan pembelajaran secara efektif mengharuskan peserta didik secara aktif berpartisipasi dalam mata pelajaran dikelas. Profil Pelajar Pancasila adalah salah satu upaya pembentukan karakter peserta didik untuk menguatkan kompetensinya. Hal-hal yang melatarbelakangi dibentuknya Profil Pelajar Pancasila yaitu pendidik karakter yang mulai terkikis oleh waktu dan semakin dilupakan.

Proyek merupakan harus mengacu pada capaian Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan fase peserta didik, dan tidak harus dikaitkan dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran. Ini yang membedakan pengembangan karakter kurikulum 2013 dan kurikulum prototipe.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) untuk mendeskripsikan perencanaan kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila dalam membentuk karakter melalui proyek tema kewirausahaan topik olahan buah di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung. (2) untuk mendeskripsikan tahapan aksi proyek penguatan profil pelajar pancasila topik olahan buah di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung. (3) untuk mendeskripsikan refleksi dan tindak lanjut proyek penguatan profil pelajar pancasila diwujudkan melalui topik olahan buah di MI Muhammadiyah 7 Sidoharjo Pulung.

Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengetahui secara langsung fenomena yang ada di lokasi penelitian. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi bersama guru, kepala sekolah, dan Waka kurikulum, tim P5, Wali kelas 1. Data primer diperoleh dengan hasil wawancara mendalam dengan informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peserta didik mengikuti program proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil'alamin sudah berjalan dengan modul yang sudah ada. (2) ketrampilan dan kemampuan peserta didik dalam mengikuti kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan Lil'alamin sangat baik dan respon siswa senantiasa saling komunikasi antar siswa yang lain. (3) Adapun dampak dari kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil'alamin membentuk sikap Taadubb siswa menghitung hasil olahan proyek dengan jujur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:13
Last Modified: 19 Jun 2024 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28588

Actions (login required)

View Item View Item