Strategi Pembelajaran Jigsaw dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VIII A di SMPN 6 Ponorogo

Jannah, Ummi Robikhatul (2024) Strategi Pembelajaran Jigsaw dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VIII A di SMPN 6 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESIS_UMMI_RJ[1].pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Jannah , Ummi Robikhatul. 2024. Strategi Pembelajaran Jigsaw dan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa pada Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VIII A di SMPN 6 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmad Sulton, M.Pd.I.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Jigsaw, Berfikir Kritis.

Kemampuan berpikir kritis bagi peserta didik perlu dilakukan agar mereka dapat mencermati berbagai persoalan yang dihadapi. Peserta didik akan memiliki pemahaman yang mendalam bila pada proses pembelajaran menekankan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berfikir kritis siswa seharusnya perlu adanya upaya yang sistematis untuk mencapainya. Penggunaan strategi pembelajaran yang menarik dan bervariasi seperti jigsaw saat pembelajaran dikelas bisa menjadi upaya yang bisa dipilih oleh seorang guru. Berbagai penelitian terdahulu terkait strategi pembelajaran dan kemapuan berfikir kritis siswa menyatakan bahwa adanya keterkaitan keduanya dan memberikan pengaruh positif bagi siswa dalam proses pembelajaran, namun di SMPN 6 Ponorogo ini masih banyak guru yang belum menerapkan strategi jigsaw dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) perencanaan strategi pembelajaran jigsaw pada siswa di SMPN 6 Ponorogo; (2) implementasi strategi pembelajaran jigsaw pasa siswa di SMPN 6 Ponorogo; (3) evaluasi strategi pembelajaran jigsaw pada siswa di SMPN 6 Ponorogo.

Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari peserta didik dan guru di SMPN 6 Ponorogo. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri atas: pengumpulan data, konsolidasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa; (1) Perencanaan strategi pembelajaran jigsaw dibuat secara urut berdasarkan kurikulum terbaru. Materi dan kondisi siswa menjadi hal utama dalam merencanakan strategi pembelajaran. butuh waktu selama satu pekan dalam merencanakan strategi pembelajaran jigsaw, hanya guru PAI yang diikutsertakan dalam merencanakan strategi pembelajaran jigsaw. (2) Implementasi pembelajaran jigsaw secara keseluruhan sudah baik, guru menerapkan langkah-langkah strategi pembelajaran jigsaw dengan baik. Siswa secara aktif mengikuti proses pembelajaran. (3) Evaluasi pembelajaran jigsaw dilakukan guru dengan memberikan pertanyaan yang sifat jawabannya berupa uraian untuk mengasah kemampuan siswa dan memaksimalkan siswa dalam mengutarakan pemahamannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Sulton
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:04
Last Modified: 19 Jun 2024 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28566

Actions (login required)

View Item View Item