..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)..Perbedaan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Badegan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian

Pramunagara, Prayoga (2024) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)..Perbedaan Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Badegan Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SKRIPSI PRAYOGA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, manusia yang berkualitas yaitu manusia terdidik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Melalui kegiatan pembelajaran diharapkan pendidikan nasional dapat berfungsi secara optimal sebagai wahana utama dalam pembangunan bangsa dan pembentukan karakter. Namun, yang terjadi saat ini, siswa banyak sekali yang melakukan prokrastinasi atau penundaan pekerjaan seperti menunda untuk menyelesaikan tugas.
Populasi dari penelitian ini yaitu siswa SMPN 2 Badegan yang berjumlah 323 siswa. Kemudian diambil sampel siswa kelas VIII sebanyak 77 orang. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Responden diminta mengisi kuesioner mengenai skala tipe kepribadian dan skala prokrastinasi akademik. Peneliti menggunakan skala tipe kepribadian dari penelitian Fira Maulida tahun 2022, sedangkan skala prokrastinasi akademik peneliti menggunakan dari penelitian I Wayan Aan Parantika tahun 2019. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kepada sampel. Analisis data menggunakan Uji Independent T-Test.
Hasil analisis data menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,243 yang mana signifikansi lebih besar dari 0,05. Sehingga dalam penelitian ini, tidak terdapat perbedaan yang signifikan prokrastinasi akademik terhadap siswa kelas VIII di SMPN 2 Badegan ditinjau dari tipe kepribadian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Munir
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:02
Last Modified: 19 Jun 2024 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28565

Actions (login required)

View Item View Item