..(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DAN LEMBAR KEASLIAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR, UPLOAD ULANG)...Manajemen Program Humas Berbasis Online dalam Meningkatkan Animo Masyarakat di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo

Qholik, Wisnu (2024) ..(PERBAIKI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETEHSIS DAN LEMBAR KEASLIAN DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR, UPLOAD ULANG)...Manajemen Program Humas Berbasis Online dalam Meningkatkan Animo Masyarakat di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
502220042_Wisnu Qholik_Magister Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Humas Lembaga Pendidikan; Media Online; Animo Masyarakat.
Munculnya lembaga pendidikan baru di berbagai jenjang baik negeri maupun swasta, membuat persaingan dunia pendidikan semakin ketat. Hal tersebut menciptakan kompetisi antar lembaga tidak bisa dihindarkan. Masyarakat sekarang yang notabenenya adalah generasi keluarga muda, relatif melek dan sadar akan dunia pendidikan dan perkembangan teknologi lebih memilih lembaga pendidikan yang dinilai berkualitas. Kecenderungan orang tua dalam memilih sekolah yang berkualitas membuat banyak lembaga ditinggalkan dengan alasan lembaga (dinilai) tidak berkualitas. Akibatnya, tidak sedikit lembaga pendidikan gulung tikar akibat tidak mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lain. Strategi untuk menghadapi kondisi tersebut adalah dengan ikut berkompetisi secara maksimal, bagaiamana supaya sekolah tetap diminati masyarakat.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan program humas berbasis online melalui serangkaian tahapan (1) membuat perencanaan program humas berbasis online, (2) mengimplementasikan program humas berbasis online, dan (3) mengevaluasi program humas berbasis online. Tahapan tersebut digunakan humas sebagai upaya untuk meningkatkan animo masyarakat di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo melalui penerapan penggunaan media online secara maksimal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data wawancara dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Waka humas, Guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada perencanaan program humas berbasis online dalam upaya meningkatkan animo masyarakat, humas bersama tim (tim multimedia muhipo) membuat strategi perluasan aksesibilitas, efektivitas, dan efisiensi informasi terhadap publik dengan cara memaksimalkan penggunaan media online yaitu Instagram, Youtube, Tiktok dan website sekolah. (2) Pada implementasi program humas berbasis online, humas membuat dan menyajikan konten berupa konten video profil sekolah, video profil perpustakaan, konten program unggulan sekolah, konten promosi sekolah, podcash, dan konten PPDB. (3) Pada evaluasi program humas berbasis online, pelaksanaannya dilakukan secara langsung (monitoring) saat program akan atau sedang berjalan. Kemudian evaluasi secara berkala pada setiap enam bulan sekali, pelaksanaannya dilakukan ketika program telah usai dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan serta menganalisis kekurangan dari pelaksanaan program sebagai tolak ukur pengambilan keputusan di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif dan Syafiq Humaisi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 02:00
Last Modified: 19 Jun 2024 02:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28564

Actions (login required)

View Item View Item