Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Arab melalui Implementasi Metode Complete Sentences di MI Ma'arif Al-Faqih Wringinanom Sambit Ponorogo

Ramadani, Yuniga Rizqina (2024) Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Arab melalui Implementasi Metode Complete Sentences di MI Ma'arif Al-Faqih Wringinanom Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponotogo.

[img]
Preview
Text
YUNIGA RIZQINA RAMADANI 203200134.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ramadani, Yuniga Rizqina. 2024. Kemampuan Menyusun Kalimat Bahasa Arab melalui Implementasi Metode Complete Sentences di MI Ma’arif Al-Faqih Wringinanom Sambit Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Moh Miftachul Choiri, M.A.

Kata Kunci: Metode, Menyusun Kalimat, Complete Sentences

Kemampuan menyusun kalimat Bahasa Arab adalah merangkai kata sehingga seseorang dapat menggungkapkan pikiran atau pendapat yang utuh dengan tata cara penulisan dan penempatan kata dalam suatu kalimat sehingga orang lain menjadi paham maksud dari kalimat Bahasa Arab yang sempurna. Kemampuan menyusun kalimat Bahasa Arab ini menitik beratkan melalui implementasi metode complete sentences yang bertujuan untuk memudahkan siswa menyusun kalimat Bahasa Arab dengan baik dan benar. Metode complete sentences merupakan model pembelajaran dengan teknik melengkapi kalimat paragraf yang kurang sempurna dengan disediakan kunci jawaban.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Implementasi metode complete sentences; (2) Tingkat kemampuan siswa dalam menyusun kalimat Bahasa Arab melalui metode complete sentences; (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa dalam menyusun kalimat Bahasa Arab.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V MI Ma’arif Al-Faqih Wringinanom, Sambit, Ponorogo. Data hasil peneliti dianalisis menggunakan model Miles, Huberman, dan Saldana dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; (1) Implementasi metode complete sentences dalam meningkatkan kemampuan menyusun kalimat Bahasa Arab MI Ma’arif Al-Faqih sudah sesuai dengan langkah-langkah penerapannya yaitu; (a) guru menentukan kompetensi yang ingin dicapai; (b) guru memberikan materi yang diajarkan; (c) siswa diminta untuk membaca buku dalam waktu yang cukup (d) guru membagi kelompok siswa; (e) guru memberikan lembar kerja yang berisi paragraf dengan kalimat yang belum lengkap; (f) siswa berdiskusi secara kelompok; (g) siswa diminta menyampaikan hasil diskusinya kemudian disimpulkan; (2) tingkat kemampuan menyusun kalimat Bahasa Arab di MI Ma’arif Al-Faqih mayoritas cukup baik; (3) Faktor yang mempengaruhi kemampuan menyusun kalimat Bahasa Arab adalah kondisi siswa, media pembelajaran, sarana dan fasilitas serta stimulus orang tua.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:57
Last Modified: 19 Jun 2024 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28557

Actions (login required)

View Item View Item