LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DGN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Unggul (Studi Kasus di SDN 1 Sambit Ponorogo)

Salehah, Estyi Maradtas (2024) LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DGN TTD ASLI BUKAN SCAN/SCAN FULL SATU LEMBAR, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Kurikulum Lembaga Pendidikan Unggul (Studi Kasus di SDN 1 Sambit Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Thesis Dummy_Estyi Maradtas Salehah_502220017_S2 MPI 2 (2).pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan kurikulum pada suatu lembaga perlu dilakukan untuk menyesuaikan dengan perkembangan akademik dan tuntutan masyarakat. Kepala sekolah memegang peran kunci dalam meningkatkan kualitas pendidikan dengan mengelola kurikulum, mengawasi pengajaran, dan memberdayakan staf pengajar. SDN 1 Sambit merupakan salah satu lembaga pendidikan yang kurikulumnya juga mengikuti perkembangan. Dalam pelaksanaannya, kepala sekolah di SDN 1 Sambit juga menemukan permasalahan-permasalahan dalam pengembangan kurikulum sesuai kebutuhan lembaga pendidikan yang unggul.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum pendidikan yang unggul di SDN 1 Sambit Ponorogo, 2) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengembangan kurikulum pendidikan yang unggul di SDN 1 Sambit Ponorogo, 3) Peran kepala sekolah sebagai evaluator dalam pengembangan kurikulum pendidikan yang unggul di SDN 1 Sambit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan teorinya Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Peran kepala sekolah sebagai manajer dalam pengembangan kurikulum di SDN 1 Sambit Ponorogo yakni kepala sekolah memiliki kemampuan manajerial yang kuat untuk merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menyampaikan hasil dari kegiatan pengembangan kurikulum. Kepala sekolah juga bertanggung jawab dalam mengelola sumber daya manusia yang ada. 2) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam pengembangan kurikulum di SDN 1 Sambit Ponorogo yakni kepala sekolah berperan dalam menganalisis dan memastikan kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan siswa, serta membentuk tim pengembangan kurikulum. Kepala sekolah melakukan koordinasi dengan tim pengembangan kurikulum, memastikan adanya komunikasi efektif, dan mendukung kolaborasi antar guru. 3) Peran kepala sekolah sebagai evaluator dalam pengembangan kurikulum di SDN 1 Sambit Ponorogo yakni kepala sekolah melaksanakan evaluasi yang komprehensif, termasuk evaluasi pembelajaran, hasil supervisi, laporan kegiatan guru, dan nilai peserta didik. Evaluasi program dilakukan setiap semester sebelum implementasi kurikulum baru dengan mempertimbangkan nilai sebagai bahan diskusi. Kepala sekolah juga mengevaluasi kinerja guru melalui pengamatan kelas, analisis materi pelajaran, dan umpan balik dari berbagai pihak.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kolis dan Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:46
Last Modified: 19 Jun 2024 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28532

Actions (login required)

View Item View Item