Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Tunanetra dalam Pembelajaran Al-Qur'an dengan Murid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Ahlul Ihya' Ponorogo

Sholikhah, Fitri Annas (2024) Strategi Komunikasi Interpersonal Guru Tunanetra dalam Pembelajaran Al-Qur'an dengan Murid di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah Ahlul Ihya' Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESIS FITRI ANNAS-KPI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran merupakan komponen penting yang harus diperhatikan dalam transformasi ilmu pengetahuan, pemahaman dan nilai-nilai agama. Utamanya adalah pembelajaran al-Qur’an yang memiliki tingkat kesulitan materi yang tinggi dibandingkan dengan pelajaran lain. Guru Tunanetra memiliki tantangan yang lebih kompleks dalam pengelolaan kelas dan penyampaian materi. Sehingga diperlukan strategi komunikasi khusus berupa komunikasi interpersonal agar proses pembelajaran berjalan efektif dan sesuai tujuan.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi interpersonal yang digunakan guru tunanetra dalam pembelajaran al-Qur’an dengan murid di MDTA Ahlul Ihya’ Ponorogo beserta hambatan dan solusi yang diberikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis fenomenologi dengan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian meliputi guru tunanetra, rekan guru, murid, dan wali murid. Hasil perolehan data dilakukan analisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi interpersonal tersebut dilakukan dengan mengenali murid sebagai khalayak secara personal, menentukan pesan, menetapkan metode, dan menggunakan pemilihan media yang disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Hambatan yang ditemui meliputi kesulitan pengirim pesan dalam memberikan instruksi visual, penggunaan simbol atau bahasa yang tidak jelas, gangguan eksternal berupa fasilitas ruang kelas yang kurang memadai, hambatan fisik sebagai tunanetra yang berakibat menimbulkan hambatan-hambatan lain seperti hambatan semantik yang muncul akibat ketidaksesuaian bahasa, latar belakang pengalaman, kesalahan pemahaman makna, dan kesulitan menjelaskan konsep yang kompleks dari guru tunanetra kepada murid.

Sedangkan solusi untuk menghadapi hambatan ini adalah dengan melakukan musyawarah dan evaluasi, musyawarah dengan sesama rekan guru, rapat dengan wali murid, kolaborasi dengan rekan guru, serta pembuatan buku pedoman pembelajaran bagi guru dan murid sebagai acuan belajar.

Kata Kunci: Strategi, Komunikasi Interpersonal, Guru, Tunanetra. Pembelajaran al-Qur’an, Murid

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Risko Faristiana
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:54
Last Modified: 19 Jun 2024 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28530

Actions (login required)

View Item View Item