Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantu Angpao Soal Terhadap Hasil Belajar IPA

Naim, Wan Aziza Fatimatun (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantu Angpao Soal Terhadap Hasil Belajar IPA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESIS_WAN AZIZA FATIMATUN NAIM_203200122.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Naim, Wan Aziza Fatimatun, 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament Berbantu Angpao Soal terhadap Hasil belajar IPA. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Restu Yulia Hidayatul Umah, M.Pd.

Kata Kunci: Teams Games Tournament, Angpao Soal, Hasil Belajar IPA.
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V MI Ma’arif Ngrupit karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang efektif. Di mana siswa hanya mendengar, melihat, mencatat dengan suasana kelas yang membosankan tanpa ada keikutsertaan dalam belajar. Berdasarkan dari preliminary Study yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA rendah. Dilakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantu angpao soal.
Tujuan penelitian ini untuk (1) mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantu angpao soal pada mata pelajaran IPA dan (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantu angpao soal terhadap hasil belajar IPA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunakan True Eksperimental. Desain yang digunakan adalah Pretest-postest Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian ini adalah kelas eksperimen (VB) dan kelas kontrol (VA). Teknik analisis yang digunakan adalah teknik statistic deskriptif dan inferensial yakni uji normalitas, uji homogenitas, dan independent sample t-test. Analisis data pada penelitian ini diolah dan divisualisasi dengan bantuan software SPSS 25.
Berdasarkan hasil analisis data didapatkan (1) hasil keterlaksanaan pembelajaran sebesar 92%, pembelajaran sesuai dengan sintaks teams games tournament dan berjalan dengan sangat baik. Hasil observasi aktivitas siswa sebesar 98%, hasil observasi aktivitas guru sebesar 98% masuk pada kriteria sangat baik. (2) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams game tournament berbantu angpao soal didapatkan perbedaan nilai rata-rata yang signifikan pada kelas eksperiment sebesar 82.54. Berdasarkan nilai Sig (2-tailed) 0.000 < 0.05, R Square 22%, uji cohen D-effet size sebesar 0.947 terdapat pengaruh yang besar model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berbantu angpao soal terhadap hasil belajar IPA kelas V MI Ma’arif Ngrupit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2024 01:48
Last Modified: 19 Jun 2024 01:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28512

Actions (login required)

View Item View Item