Mayasari, Enggi (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Efektivitas Media Pembelajaran Treasure Hunt Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas 4 di MI Ma’arif Setono. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200168_ENGGI MAYASARI_PGMI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Mayasari, Enggi. 2024. Efektivitas Media Pembelajaran Treasure Hunt
Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas 4 di MI Ma’arif Setono.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: M. Fathurahman, M. Pd. I.
Kata kunci: Treasure Hunt, Kemampuan Berfikir Kritis.
Dalam proses pembelajaran di kelas seringkali menghadapi permasalahan
diantaranya siswa yang pasif dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan. Selain
itu, kesulitan siswa dalam memberikan kesimpulan karena terdapat bahasa asing
dalam materi, serta kurangnya siswa dalam memberi argumentasi dalam
pembelajaran. Dengan demikian, perlunya memanfaatkan variasi media
pembelajaran agar siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran.
Seperti penerapan media pembelajaram treasure hunt, media tersebut mendorong
siswa untuk memecahkan teka-teki, mengumpulkan informasi, dan menjalani
pertualangan pembelajaran, serta meningkatkan pemikiran kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) untuk mengetahui keterlaksanaan
pengguanaan media pembelajaran treasure hunt terhadap kemampuan berfikir
kritis siswa dalam pembelajaran IPAS; 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam
penggunaan media pembelajaran treasure hunt terhadap kemampuan berfikir
kritis pada pembelajaran IPAS; 3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan
media pembelajaran treasure hunt terhadap kemampuan berfikir kritis siswa
dalam pembelajaran IPAS.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan model quasi
experimental yaitu dengan uji Pre-Test dan Post-Test kepada siswa kelas IV A
sebagai kelas kontrol dengan siswa 27 anak serta kelas IV B sebagai kelas
eksperimen dengan siswa 26 anak. Instrumen penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui uji hipotesis penelitian ini.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1) dalam keterlaksanaan
penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dimana pada pertemuan
pertama peneliti memberikan soal pre-test dan penguatan materi mengenai materi
wujud benda. Kemudian pertemuan kedua penerapan media treasure hunt dilanjut
siswa mengerjakan soal post-test; 2) siswa mampu berperan aktif dalam
memecahkan masalah, menganalis serta menggabungkan informasi berdasarkan
petunjuk pada permainan treasure hunt; 3) berdasarkan uji T-Test dapat diketahui
bahwa nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,005, maka dapat dinyatakan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Fathurahman |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 07:27 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 07:27 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28475 |
Actions (login required)
View Item |