..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Efektivitas Media Pembelajaran Treasure Hunt Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas 4 di MI Ma’arif Setono

Mayasari, Enggi (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Efektivitas Media Pembelajaran Treasure Hunt Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas 4 di MI Ma’arif Setono. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
203200168_ENGGI MAYASARI_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Treasure Hunt, Kemampuan Berfikir Kritis.
Dalam proses pembelajaran di kelas seringkali menghadapi permasalahan diantaranya siswa yang pasif dalam berdiskusi dan menjawab pertanyaan. Selain itu, kesulitan siswa dalam memberikan kesimpulan karena terdapat bahasa asing dalam materi, serta kurangnya siswa dalam memberi argumentasi dalam pembelajaran. Dengan demikian, perlunya memanfaatkan variasi media pembelajaran agar siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Seperti penerapan media pembelajaram treasure hunt, media tersebut mendorong siswa untuk memecahkan teka-teki, mengumpulkan informasi, dan menjalani pertualangan pembelajaran, serta meningkatkan pemikiran kritis.
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) untuk mengetahui keterlaksanaan pengguanaan media pembelajaran treasure hunt terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS; 2) untuk mengetahui aktivitas siswa dalam penggunaan media pembelajaran treasure hunt terhadap kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran IPAS; 3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran treasure hunt terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan model quasi experimental yaitu dengan uji Pre-Test dan Post-Test kepada siswa kelas IV A sebagai kelas kontrol dengan siswa 27 anak serta kelas IV B sebagai kelas eksperimen dengan siswa 26 anak. Instrumen penelitian ini bertujuan untuk mengetahui uji hipotesis penelitian ini.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1) dalam keterlaksanaan penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dimana pada pertemuan pertama peneliti memberikan soal pre-test dan penguatan materi mengenai materi wujud benda. Kemudian pertemuan kedua penerapan media treasure hunt dilanjut siswa mengerjakan soal post-test; 2) siswa mampu berperan aktif dalam memecahkan masalah, menganalis serta menggabungkan informasi berdasarkan petunjuk pada permainan treasure hunt; 3) berdasarkan uji T-Test dapat diketahui bahwa nilai signifikan 2-tailed sebesar 0,005, maka dapat dinyatakan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2024 07:26
Last Modified: 14 Jun 2024 07:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28472

Actions (login required)

View Item View Item