Lusiana, Anggi Fitka (2024) Pengaruh Pembiayaan Pendidikan, Gaya Kepemimpinan Transformasional, dan Kinerja Guru Penggerak terhadap Mutu Pembelajaran di SMP Negeri Se-Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024. Masters thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
502220005_Anggi Fitka Lusiana_Manajemen Pendidikan Islam.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH PEMBIAYAAN PENDIDIKAN, GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL, DAN KINERJA GURU PENGGERAK TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI SE-KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2023/2024
ABSTRAK
Mutu pembelajaran merupakan serangkaian proses kegiatan pembelajaran yang dikerjakan oleh guru dengan peserta didik melalui sebuah pembelajaran dengan tujuan untuk memperbaiki mutu atau kualitas pembelajaran hingga berjalan dengan efektif dan efisien, guna menambah nilai mutu pembelajaran suatu lembaga pendidikan. Masalah mutu pembelajaran dapat bervariasi tergantung pada konteksnya seperti apa, begitu pun permasalahan mutu pembelajaran yang ada di SMP Negeri se-Kabupaten diantaranya yaitu kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, metode pengajaran yang tidak sesuai dengan gaya belajar siswa sehingga menyebabkan pemahaman yang rendah, kurangnya variasi dalam pendekatan pengajaran bisa membuat pembelajaran monoton, dan kurangnya pelatihan guru dalam mengadopsi metode pengajaran terkini atau mengelola keberagaman dalam kelas dapat mempengaruhi mutu pembelajaran.
Tujuan penelitian untuk menganalisis: (1) pengaruh pembiayaan pendidikan terhadap mutu pembelajaran secara parsial di SMP Negeri Se-Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024, (2) pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap mutu pembelajaran secara parsial di SMP Negeri Se-Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024, (3) pengaruh kinerja guru penggerak terhadap mutu pembelajaran secara parsial di SMP Negeri Se-Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024, dan (4) pengaruh pembiayaan pendidikan, gaya kepemimpinan transformasional, dan kinerja guru penggerak terhadap mutu pembelajaran secara simultan di SMP Negeri Se-Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Populasi penelitian berjumlah 480 orang guru, dengan mengambil sampel penelitian berjumlah 202 orang guru. Teknik analisis data hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier berganda dengan yang perhitungannya dengan bantuan IBM SPSS 23.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan pembiayaan pendidikan (X1) terhadap mutu pembelajaran (Y) dengan nilai Fhitung (23.453) > Ftabel (2,65) berpengaruh sebesar 55,4%; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan transformasional (X2) terhadap mutu pembelajaran (Y) Fhitung (11.348) > Ftabel (2,65) berpengaruh sebesar 58,3%; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kinerja guru penggerak (X3) terhadap mutu pembelajaran (Y) Fhitung (91.265) > Ftabel (2,65) berpengaruh sebesar 79,1%; dan (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama pembiayaan pendidikan (X1), gaya kepemimpinan transformasional (X2), dan kinerja guru penggerak (X3) terhadap mutu pembelajaran (Y) Fhitung (35.805) > Ftabel (2,65) berpengaruh sebesar 85,2%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ahmadi Umi Rohmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 07:23 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 07:23 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28469 |
Actions (login required)
View Item |