Jannah, Fitriani Laelatul (2024) Pengaruh Metode Montessori terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Anak di TK Dharma Wanita II Lembah Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
205200013_FITRIANI LAELATUL JANNAH_PIAUD.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Jannah, Fitriani Laelatul. 2024. Pengaruh Metode Montessori terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Anak di TK Dharma Wanita II Lembah.Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024 Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata Kunci: Metode Montessori, Kemampuan matematika permulaan, Anak Usia Dini
Mengajarkan matematika kepada anak usia dini dapat dilakukan dengan cara bermain sambil belajar sesuai usia anak dengan memperhatikan kemampuan awal anak, strategi dan teknik pembelajaran, serta metode yang tepat, salah satunya metode Montessori. Dilapangan sendiri masih banyak guru yang menerapkan metode ceramah tanpa alat peraga, sehingga masih banyak anak yang kurang memahami konsep matematika seperti lambang bilangan, klasifikasi benda, serta memahami konsep ukuran, sehingga kemampuan permulaan anak masih belum optimal
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bagaimana perkembangan kemampuan matematika permulaan anak di TK Dharma Wanita II Lembah Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024; dan (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan pendekatan metode Montessori terhadap kemampuan matematika permulaan anak di TK Dharma Wanita II Lembah Babadan Ponorogo Tahun Pelajaran 2023/2024.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan bentuk desain penelitian eksperimental one grup pretest-posttest. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Populasi penelitian adalah anak didik di TK Dharma Wanita II Lembah yang berjumlah 41 anak. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan uji-t (Paired Sample t-Test).
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) penggunaan metode Montessori dapat meningkatkan kemampuan matematika permulaan anak. Dibuktikan pada saat pembelajaran berlangsung anak dapat menunjukkan keaktifannya dan keterlibatannya dalam mengikuti pembelajaran. Kemampuan matematika permulaan anak usia dini yang menggunakan metode Montessori terdapat peningkatan dengan hasil yang signifikan, yaitu berdasarkan kriteria pencapaian, hasil observasi pre-test menunjukkan dari 20 anak semua masih dalam kriteria mulai berkembang. Sedangkan pada hasil post-test 11 anak sudah menunjukkan hasil berkembang sesuai harapan (BSH). (2) Terdapat perbedaan penggunaan metode Montessori terhadap kemampuan matematika permulaan anak usia dini di TK Dharma Wanita II Lembah antara sebelum menggunakan metode Montessori (pre-test) dan sesudah menggunakan metode Montessori (post-test), dengan nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05, yaitu 0,000 < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya penggunaan metode Montessori berpengaruh terhadap kemampuan matematika permulaan anak di TK Dharma Wanita II Lembah secara signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Umi Rohmah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 01:41 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 01:41 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28434 |
Actions (login required)
View Item |