Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru (Studi Kasus di SDN 1 Sambit Ponorogo)

Ubaidilah, Lutfi Ahmad (2024) Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Etos Kerja Guru (Studi Kasus di SDN 1 Sambit Ponorogo). Other thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502220027_Lutfi Ahmad Ubaidilah_MPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan etos kerja guru yang belum optimal, yang terlihat dari kurangnya disiplin waktu, metode pembelajaran yang kurang variatif, dan motivasi kerja. Meskipun SDN 1 Sambit Ponorogo masih memiliki jumlah siswa yang relatif banyak dibandingkan sekolah dasar lain di Desa Sambit, orang tua sekarang lebih memilih Madrasah Ibtidaiyah (MI) karena pendidikan agama yang lebih mendalam menjadi tantangan tersendiri. Kepala sekolah di SDN 1 Sambit Ponorogo telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan etos kerja guru, seperti memberikan motivasi melalui reward berupa studi tour dan studi banding, serta mengikutkan guru dalam berbagai kegiatan pengembangan profesional guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: 1) Peran kepala sekolah dalam merancang program sekolah untuk meningkatkan etos kerja guru di SDN 1 Sambit Ponorogo, 2) Peran kepala sekolah dalam merencanakan sarana dan prasarana untuk meningkatkan etos kerja guru di SDN 1 Sambit Ponorogo, 3) Dampak peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan etos kerja guru di SDN 1 Sambit Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan teorinya Miles Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan temuan tentang peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan etos kerja guru di SDN 1 Sambit Ponorogo adalah: 1) Peran kepala sekolah di SDN 1 Sambit Ponorogo dalam merancang program untuk meningkatkan etos kerja guru adalah menciptakan lingkungan kerja yang mendukung dan memotivasi guru, pengembangan profesionalisme, kolaborasi, integrasi teknologi, dan program kesiswaan yang komprehensif, serta memberikan arahan kepada guru untuk merancang program inovatif sesuai kebutuhan siswa. 2) Peran kepala sekolah dalam merencanakan dan mengembangkan sarana serta prasarana di SDN 1 Sambit adalah kunci dalam menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi guru dan siswa. Melalui partisipasi aktif guru dalam perencanaan, kolaborasi erat antara kepala sekolah, guru, dan staf sekolah, serta manajemen yang efektif, sarana dan prasarana di sekolah dapat ditingkatkan, berdampak positif bagi perkembangan siswa dan prestasi sekolah. 3) Dampak dari peran kepala sekolah sebagai supervisor di SDN 1 Sambit terlihat dari gairah dan antusiasme guru dalam kegiatan pendidikan, serta peningkatan etos kerja yang tinggi di sekolah, yang pada akhirnya berkonstribusi pada peningkatan kualitas pendidikan secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Other)
Thesis Supervisor: Nur Kolis Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jun 2024 01:42
Last Modified: 14 Jun 2024 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28431

Actions (login required)

View Item View Item