STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI SMPN 1 SAMBIT

Ristiyani, Nur Aida (2024) STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN CITRA LEMBAGA DI SMPN 1 SAMBIT. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
e thesis Nur Aida R 206200129.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ristiyani,Nur Aida.2024 Strategi Pemasaran Pendidikan Guna Meningkatkan Citra Lembaga Di SMPN 1 Sambit. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Abdul Kholiq, MBA
Kata Kunci: Strategi, Pemasaran, Citra
Persaingan dalam dunia pendidikan semakin hari semakin ketat, lembaga pendidikan dituntut untuk lebih kreatif dan bisa memenuhi kebutuhan pengguna jasa pendidikan. Maka dari itu sebuah lembaga pendidikan perlu meningkatkan citra lembaganya dimata masyarakat luas. Agar masyarakat luas tau akan kualitas sekolah, maka perlu menggunakan strategi pemasaran pendidikan yang tepat. Strategi pemasaran dalam dunia pendidikan berisi tentang bagaimana cara agar informasi sekolah yang dibutuhkan masyarakat bisa tersampaikan dengan baik. Dengan tersampainya informasi kepada masyarakat dngan baik dapat meningkatkan citra sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Model Pemasaran Pendidikan di SMPN 1 Sambit 2) Implementasi strategi pemasaran pendidikan dalam meningkatkan citra lembaga di SMPN 1 Sambit 3) Faktor pendukung dan penghambat Strategi Pemasaran Pendidikan Guna Meningkatkan Citra Lembaga di SMPN 1 Sambit.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan pada penelitian ini yaitu kepala sekolah, tata usaha (TU), dan juga waka humas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara analisis data yang digunakan adalah metode Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari 4 tahap yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: 1) Dalam pemasaran pendidikan di SMPN 1 Sambit menggunakan 3 model yaitu model pemasaran eksternal yang tujuannya menyebarkan informasi sekolah kepada masyarakat luas, model pemasaran internal yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas sekolah dibidang internal yaitu tenaga pendidik,tenaga kependidikan dan siswa, model pemasaran interaktif yang melibatkan wali murid untuk memberikan kritik dan saran guna kemajuan sekolah. 2) Implementasi strategi pemasaran pendidikan di SMPN 1 Sambit sudah berjalan dengan baik. Dalam implementasinya SMPN 1 Sambit menggunakan 3 strategi yaitu strategi target pasar, strategi posisi kompetitif, dan strategi campuran. Dimana dalam strategi campuran ini memuat bauran pemasaran 4 P (produc,price,place dan promotion). 3) Faktor pendukung pemasaran pendidikan di SMPN 1 sambit dapat mempermudah lembaga dalam memasarkan sekolah. Sedangkan ada juga faktor penghambat pemasaran pendidikan di SMPN 1 Sambit.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Abdul Kholiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2024 05:02
Last Modified: 13 Jun 2024 05:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28402

Actions (login required)

View Item View Item