..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Strategi dalam Pengembangan Program Tahfidz Al-Qur'an di SMPN 6 Ponorogo

Rohmawati, Afiah Intan Nur (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..Manajemen Strategi dalam Pengembangan Program Tahfidz Al-Qur'an di SMPN 6 Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
502220003_AFIAH INTAN NUR ROHMAWATI_MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmawati, Afiah Intan Nur, 2024. Manajemen Strategi dalam Pengembangan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMPN 6 Ponorogo. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd., Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Pengembangan Program, Tahfidz Al-Qur’an

Zaman modern dapat ditandai salah satunya dengan banyaknya media sosial dan masuknya budaya luar yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan kebudayaan di Indonesia, sehingga menyebabkan ketimpangan dan degradasi moral pada remaja yang masih sekolah. Pada zaman modern juga, remaja dan generasi penerus bangsa harus memiliki iman dan tauhid untuk menghadapi perkembangan zaman agar nanti tidak jauh dari ajaran dan peraturan agama Islam, disini Al-Qur’an merupakan kitab suci yang paling istimewa di antara kitab yang lainnya serta bisa digunakan acuan untuk memilah ilmu yang baik dan tidak pada perkembangan zaman modern. Membaca dan menghafal Al-Qur’an merupakan pekerjaan yang mulia dan membutuhkan niat yang sungguh-sungguh.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Formulasi Strategi dalam Pengembangan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMPN 6 Ponorogo. (2) Pelaksanaan Strategi dalam Pengembangan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMPN 6 Ponorogo. (3) Evaluasi Strategi dalam Pengembangan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMPN 6 Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknis pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisa data menggunakan teorinya Miles, Huberman dan Saldana yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Formulasi strategi dalam Pengembangan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMPN 6 Ponorogo meliputi perumusan visi dan misi yang jelas, analisis SWOT faktor lingkungan internal dan eksternal, menentukan tujuan, dan menentukan strategi penyusunan target hafalan. (2) Pelaksanaan strategi dalam Pengembangan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMPN 6 Ponorogo meliputi pelatihan SDM, upgrading kebijakan program tahfidz Al-Qur’an, peningkatan motivasi, muroja’ah, program 6SQ, bekerjasama dengan lembaga tahfidz, SNAPO tahfidz camp. (3) Evaluasi strategi dalam Pengembangan Program Tahfidz Al-Qur’an di SMPN 6 Ponorogo dilakukan melalui rapat koordinasi dengan mengambil tindakan korektif guru pengajar tahfidz maupun peserta didik. Terdapat peningkatan prestasi setelah evaluasi strategi dilakukan seperti meningkatnya jumlah wisudawan dari 101 wisudawan menjadi 301 wisudawan di tahun 2024. Selain itu, terdapat pula peningkatan capaian hafalan peserta didik dari yang sebelumnya minimal hanya juz 30 tahun ini hingga mencapai 2 juz, 3 juz, bahkan ada yang sampai 7 juz dan ikut nominasi mewakili sekolah mendapat peringkat 10 besar.

ABSTRACT

Rohmawati, Afiah Intan Nur, 2024. Strategic Management in the Development of the Tahfidz Al-Qur'an Program at SMPN 6 Ponorogo. Thesis, Islamic Education Management Study Program, Postgraduate State Islamic Institute (IAIN) Ponorogo, Supervisor: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd., Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci: Strategic Management, Program Development, Tahfidz Al-Qur’an

The modern era can be marked by the abundance of social media and the entry of outside cultures that are not in accordance with the values of Pancasila and culture in Indonesia, causing inequality and moral degradation in adolescents who are still in school. In modern times too, teenagers and the next generation of the nation must have faith and tawhid to face the development of the times so that later it is not far from the teachings and regulations of Islam, here the Qur'an is the most special holy book among other books and can be used as a reference to sort out good knowledge and not in modern times. Reading and memorizing the Qur'an is a noble work and requires earnest intention.
The purpose of this study is to describe and analyze (1) Strategy Formulation in the Development of the Qur'an Tahfidz Program at SMPN 6 Ponorogo. (2) Implementation of Strategies in the Development of the Qur'an Tahfidz Program at SMPN 6 Ponorogo. (3) Strategy Evaluation in the Development of the Qur'an Tahfidz Program at SMPN 6 Ponorogo.
This research is a field research that uses a qualitative approach with a type of case study research. The technical data collection used in this study was interviews, observation and documentation. While data analysis uses the theory of Miles, Huberman and Saldana, namely data collection, data condensation, data presentation and conclusions.
The results of this study show that (1) Strategy formulation in the Development of the Qur'an Tahfidz Program at SMPN 6 Ponorogo includes the formulation of a clear vision and mission, SWOT analysis of internal and external environmental factors, determining goals, and determining strategies for preparing memorization targets. (2) Implementation of strategies in the Development of the Qur'an Tahfidz Program at SMPN 6 Ponorogo including HR training, upgrading the Qur'an tahfidz program policy, increasing motivation, muroja'ah, 6SQ program, collaborating with the tahfidz institution, SNAPO tahfidz camp. (3) Evaluation of strategies in the Development of the Qur'an Tahfidz Program at SMPN 6 Ponorogo is carried out through coordination meetings by taking corrective actions for tahfidz teaching teachers and students. There is an increase in achievement after the strategy evaluation is carried out, such as increasing the number of graduates from 101 graduates to 301 graduates in 2024. In addition, there is also an increase in the memorization achievement of students from the previous minimum of only 30 juz this year to reach 2 juz, 3 juz, some even up to 7 juz and participated in nominations representing the school ranked in the top 10.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib dan M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:57
Last Modified: 13 Jun 2024 01:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28390

Actions (login required)

View Item View Item