Rahmawati, Lisa (2024) Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembiasaan Pagi di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo Kelas VII Tahun Pelajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
E-Theses_Lisa Rahmawati.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Salah satu Permasalahan Pendidikan di Indonesia adalah karakter peserta didik. Untuk memecahkan permasalahan tersebut pada tahun 2020 pemerintah meluncurkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 yang menetapkan Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020, yang menetapkan visi dan misi pendidikan di Indonesia melalui profil pelajar Pancasila, profil dan harapan masa depan Peserta didik yang diinginkan Indonesia melalui kebijakan pemerintah. Salah satu sekolah yang ikut andil dalam memecahkan permasalahan karakter peserta didik ialah SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo berupaya menguatkan karakter Peserta didik melalui kegiatan pembiasaan pagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembiasaan pagi di SMP Negeri 1 Sambit, Ponorogo kelas Vll (2) Bagaimana proses penguatan profil pelajar Pancasila dalam kegiatan pembiasaan pagi di SMP Negeri 1 Sambit, Ponorogo kelas Vll (3) Implikasi pelaksanaan kegiatan pembiasaan pagi terhadap penguatan profil pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, kondensasi data, Penyajian data, serta verifikasi atau kesimpulan. Kemudian pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kegiatan pembiasaan pagi di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo berlangsung teratur mulai tahun 2016, yang terdiri atas serangkaian proses kegiatanpenyambutan siswa di depan gerbang sekolah, pembiasaan sholat dhuha berjama’ah serta pembiasaan untuk menguatkan karakter profil pelajar pancasila, (2) Proses penguatan profil pelajar Pancasila yang terkandung dalam pembiasaan pagi yang utama yakni pada budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun), ketika bertemu dengan guru siswa menunjukkan sikap sopan santun dan ramah terhadap guru serta elemen utama profil pelajar Pancasila ialah bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, mandiri, gotong royong, bernalar kritis, serta kreatif melalui pembiasaan pagi. (3) Implikasi Pelaksanaan pembiasaan pagi ialah Peserta didik menjadi lebih memiliki karakter yang kuat memiliki karakter bertaq’wa kepada Tuhan Yang Maha Esa yakni melaksanakan sholat dhuha berjama’ah tanpa diperintah guru, saat bertemu dengan teman maupun guru saling mengucapkan salam dan berjabat tangan yang sebelumnya memiliki sikap acuh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Nur Kholis |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 13 Jun 2024 01:48 |
Last Modified: | 13 Jun 2024 01:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28381 |
Actions (login required)
View Item |