PENGARUH LAMA USAHA, JAM KERJA, DAN PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA MIKRO MUSLIM DI KECAMATAN PONOROGO

Fitri, Al Fina Amara (2024) PENGARUH LAMA USAHA, JAM KERJA, DAN PENDIDIKAN TERHADAP PENDAPATAN PENGUSAHA MIKRO MUSLIM DI KECAMATAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
view_usp=sharing

Download (91kB)

Abstract

Fitri, Al Fina Amara, Pengaruh Lama Usaha, Jam Kerja Dan Pendidikan Terhadap
Pendapatan Pengusaha Mikro Muslim Di Kecamatan Ponorogo. Skirpsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institute Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.

Kata Kunci: Lama Usaha, Jam Kerja, Pendidikan, Pendapatan, UMKM

Kecamatan Ponorogo merupakan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo. Dengan jumlah UMKM terbanyak diantara seluruh kecamatan yang ada di kabupaten ponorogo, kecamatan ponorogo dijadikan tempat penelitian oleh peneliti. Pendapatan merupakan masalah yang sangat penting bagi setiap pelaku usaha, karena dengan pendapatan tersebut usaha yang mereka jalani akan terus berjalan bahkan berkembang. Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya pendapatan yaitu lama usaha, jam kerja dan pendidikan. Sehingga peneliti akan meneliti bagaimana pengaruh lama usaha, jam kerja dan pendidikan terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Dengan jumlah populasi sebanyak 665 unit UMKM peneliti memperoleh jumlah sampel 250 unit UMKM. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling incidental. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh dengan penyebaran kuesioner kepada pelaku UMKM yang beragama islam. Analisis data menggunakan software SPSS versi 25 dengan metode statistic yang digunakan untuk menguji hipotesis merupakan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, secara parsial (uji -t) menunjukkan nilai beta pada variabel lama usaha -0.677, variabel jam kerja 0,666 dan variabel pendidikan 0,166 sedangkan nilai signifikansi ketigaanya < 0,000 sehingga menunjukkan ketiga variabel berpengaruh terhadap pendapatan hanya saja pada variabel lama usaha memiliki arah pengaruh yang berlawanan dengan pendapatan. Sedangkan secara simultan (uji-f) nilai f hitung 480,646 dan signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa lama usaha, jam kerja dan pendidikan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pengusaha mikro muslim di Kecamatan Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 13 Jun 2024 01:29
Last Modified: 13 Jun 2024 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28371

Actions (login required)

View Item View Item