Khoirunikmah, Khoirunikmah (0224) Efektivitas model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan media poster berbantuan aplikasi canva terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas V di min 4 ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
203200052 KHOIRUNIKMAH_Efektivitas model pembelajaran CIRC dengan Media Poster B.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Khoirunikmah. 2024. Efektivitas Model Pembelajaran CIRC dengan Media Poster Berbantuan Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V di MIN 4 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata kunci : model pembelajaran, media poster, aplikasi canva, kemampuan membaca pemahaman
Model pembelajaran merupakan sebuah alat yang digunakan guru dalam melakukan sebuah pembelajaran terlebih untuk membantu guru dalam meningatkan kemampuan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. salah satunya adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Namun, berdasarkan pengamatan di MIN 4 Ponorogo kemampuan membaca pemahamn siswa tergolong rendah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satunya adalah penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga mampu menyebabkan siswa kurang berminat dalam melakukan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran yang tepat untuk menigkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa salah satunya dengan model pembelajaran CIRC dengan media poster yang disusun secara rapi pada aplikasi canva.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kemampuan membaca pemahaman kelas kontrol, 2) mengetahui kemampuan membaca pemahaman siswa kelas eksperimen, serta 3) mengetahui keefektivan pembelajaran dengan model CIRC dengan media poster terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, dan tes. Tes berupa pre-test yang dilakukan sebelum pemberian perlakuan serta post-test yang dilakukan setelah pemberian perlakuan menggunakan model pembelajaran CIRC.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran CIRC dengan media poster berbantuan aplikasi Canva menunjukkan hasil yang menjanjikan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V. Dengan nilai n-gain sebesar 50,49 yang tergolong dalam kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan atau pemahaman siswa setelah melalui proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Berlian Pancarrani |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 08:30 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 08:30 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28366 |
Actions (login required)
View Item |