Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Merindu Cahaya de Amstel Karya Hadrah Daeng Ratu dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah (MA)

Wulandari, Rosi Oktaviana Tri (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Merindu Cahaya de Amstel Karya Hadrah Daeng Ratu dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah (MA). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
201200390_Rosi Oktaviana Tri Wulandari_PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Melalui proses pendidikan akhlak diharapkan dapat membentuk peserta didik yang pandai dan berakhlak mulia. Akan tetapi, seiring berkembangnya arus globalisasi, kasus permasalahan akhlak kian marak terjadi di dunia pendidikan. Untuk mengatasi hal tersebut, sekolah diharapkan dapat menanamkan nilai pendidikan akhlak kepada para siswanya. Salah satunya melalui pemberian mata pelajaran Akidah Akhlak yang juga diajarkan pada jenjang MA. Proses penanaman nilai pendidikan akhlak kepada para siswa dapat dilakukan dengan menggunakan media audio visual berupa film yang berisi banyak nilai pengajaran, seperti film Merindu Cahaya de Amstel.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam film Merindu Cahaya de Amstel; (2) relevansi antara nilai pendidikan akhlak kepada Allah dalam film Merindu Cahaya de Amstel dengan materi Akidah Akhlak di MA (3) relevansi antara nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri dalam film Merindu Cahaya de Amstel dengan materi Akidah Akhlak di MA; dan (4) relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusia dalam film Merindu Cahaya de Amstel dengan materi Akidah Akhlak di MA.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian library research. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Data penelitian didapatkan dari adegan, dialog, perilaku, dan ekspresi tokoh dalam film Merindu Cahaya de Amstel. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi.
Berdasarkan hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) nilai-nilai pendidikan akhlak yang ditemukan adalah nilai pendidikan akhlak kepada Allah, nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri, dan nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusia. (2) Nilai pendidikan akhlak kepada Allah berupa taubat memilki relevansi dengan materi kelas 10 pada bab 3 “Ayo bertaubat.” (3) Nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusia berupa menutup aurat memilki relevansi dengan materi kelas 10 pada bab 9 “Menerapkan Sikap Hikmah, Iffah, Syaja’ah, dan ‘Adalah,” materi kelas 11 pada bab 4 “Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu, dan Menerima Tamu,” materi kelas 11 pada bab 6 “Akhlak Pergaulan Remaja,” serta materi kelas 12 pada bab 4 “Etika Bergaul dalam Islam.” (4) Nilai pendidikan akhlak kepada sesama manusia berupa tolong-menolong relevan dengan materi kelas 12 pada bab 6 “Ragam Sikap Terpuji,” Nilai berbakti kepada orang tua relevan dengan materi kelas 10 bab 4 “Hidup Mulia dengan Menghormati Orang Tua dan Guru.” Nilai memuliakan tamu yang relevan dengan materi kelas 11 pada bab 4 “Adab Berpakaian, Berhias, Perjalanan, Bertamu, dan Menerima Tamu.” Nilai menjenguk orang sakit yang memiliki relevansi dengan materi kelas 10 bab 11 “Menjenguk Orang Sakit Sebagai Cermin Sikap Peduli.”

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2024 08:22
Last Modified: 12 Jun 2024 08:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28359

Actions (login required)

View Item View Item