Wijayanti, Vivi Dea (2024) Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Dunia Youtube Sebagai Penjual Jasa Menaikkan Jam Tayang Ditinjau dari Etika Bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
skripsi fiks vivi dea wijayanti - Copy a5-1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Menurut teori Kotler dan Keller yang dikutip dalam buku Manajemen Pemasaran, kepuasan konsumen merupakan perasaan senang maupun kecewa seorang yang timbul setelah membandingkan kinerja produk yang dipikirkan terhadap kinerja yang diharapkan. Kepuasan konsumen akan timbul apabila terdapat perasaan yang sangat puas setelah konsumen mengkonsumsi produk. Permasalahan dalam penelitian ini lebih menyorot fator yang mendasari kepuasan yang dirasakan setelah menggunakan jasa penjual jasa jam tayang. Skripsi ini memiliki tujuan untuk: (1) Menganalisis mekanisme jual beli yang dilakukan oleh Dunia Youtube dengan konsumennya (2)Menganalisis faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam menggunakan Dunia Youtube sebagai penjual jasa menaikkan jam tayang (3) Menganalisis tinjauan etika bisnis islam terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan Dunia Youtube sebagai penjual jasa menaikkan jam tayang. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen yang membeli jasa untukmenaikkan jam tayang Dunia YouTubepada awalnya merasa kesulitan dalam memenuhi syarat dari YouTube. Pada akhirnya permasalahan tersebut dapat teratasi karena adanya penjual jasa menaikkan jam tayang dan subscriber Dunia YouTube. Bayak konsumen merasa puas dengan penjual jasa Dunia YouTube.Kepuasan yang dirasakan mencakup beberapa hal, diantaranya terpenuhinya jam tayang dan jumlah subscriber sehingga akun dapat didaftarkan monetisasi.Ketika akun mereka sudah dimonetisasi oleh YouTube maka akun mereka tentu saja bisa dijadikan sumber penghasilan.Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan indikator kepuasan konsumen dari segi kualitas produk, kualitas pelayanan, emosional, harga, dan biaya. Selain itu, hasil penelitian mengenai faktor kepuasan yang ditinjau dari etika bisnis Islam juga sudah sesuai. Dapat dibuktikan dengan adanya kelima faktor yang mendasari kepuasan konsumen dalam tinjauan etika bisnis Islam yang mencakup tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, bertanggungjawab, dan juga ihsan. Pemilik jasa jam tayang Dunia YouTube bertanggungjawab penuh dengan apa yang menjadi orderan konsumennya. Selain itu dari segi tauhid dalam mengerjakan orderan pemilik jasa juga tidak melupakan ibadahnya meskipun orderan banyak.Konsumen Dunia YouTube juga bebas untuk berkonsultasi mengenai jam tayang maupun subscriber merupakan bukti dari salah satu prinsip etika bisnis Islam yakni kehendak bebas.Sedangkan dari segi ihsan, Dunia YouTube sangat bermanfaat bagi YouTuber pemula yang kesulitan memenuhi syarat jam tayang dan juga subscriber dari YouTube.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Estu Unggul Drajat |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 05:17 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 05:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28353 |
Actions (login required)
View Item |