Farichan, Mu'aifi Nur (2024) Peran Guru IPS dalam Pembentukan Karakter Disiplin (Studi Kasus Siswa Kelas VIII di SMPN 4 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
208200027_MU'AIFI NUR FARICHAN_TADRIS IPS.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Farichan, Mu’aifi Nur. 2024. Peran Guru IPS Dalam Pembentukan Karakter Disiplin (Studi Kasus Siswa Kelas VIII Di SMPN 4 Ponorogo), Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd..
Kata Kunci: Peran Guru, Karakter Disiplin, IPS
Guru memiliki peran yang besar dalam menentukan dan membentuk karakter peserta didik. Dizaman sekarang guru tidak hanya cukup sebagai pendidik akademik saja, namun juga sebagai pendidik karakter bagi siswanya, terutama mengenai sikap kedisiplinan. Guru IPS merupakan salah satu guru yang berpengaruh dalam proses pembentukan karakter siswa karena didalam mengajarkan banyak ilmu sosial yang nantinya dibutuhkan di masyarakat. Di SMPN 4 Ponorogo masih ada beberapa siswa yang kurang disiplin, karena itu diperlukan adanya peran guru. Salah satu peran guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa yakni dengan melalui pembelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peran guru IPS dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas VIII di SMPN 4 Ponorogo. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas VIII di SMPN 4 Ponorogo. (3) Mengetahui dampak peran guru pada pembentukan karakter disiplin siswa kelas VIII di SMPN 4 Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data yang dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi Teknik analisis data yaitu menggunakan analisis model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan penelitian dengan perpanjangan pegamatan,peningkatan ketekunan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Peran guru IPS dalam pembentukan karakter disiplin siswa kelas VIII di SMPN 4 Ponorogo pertama, peran guru sebagai pengajar sekaligus pembimbing dengan memberikan dan menanamkan karakter disiplin melalui pembelajaran IPS, salah satunya dengan melalui pelajaran sosiologi. Kedua peran guru sebagai educator yakni guru memberikan teladan dan pembiasaan kepada siswanya, contohnya guru memberikan tugas dan dikerjakan tepat waktu jika melebihi jamnya akan berpengaruh pada nilai akhir semesternya. Ketiga peran guru sebagai supervisor yakni guru memberikan pengawasan kepada siswanya juga guru dapat memahami permasalahan pada siswanya. Keempat peran guru sebagai motivator yakni guru berperan untuk mendorong siswa dan memberi semangat agar dapat belajar sungguh-sungguh. (2) Faktor pendukung peran guru IPS yaitu lingkungan yang baik dan nyaman dan dukungan dari diri siswa itu sendiri, ketika siswa sadar akan pentingnya karakter disiplin akan memudahkan guru untuk mengatur atau membentuknya. Faktor penghambatnya adalah lingkungan keluarga yang kurang mendukung dan rasa malas dari diri siswa. (3) Dampak peran guru IPS diantaranya karakter siswa jadi mudah terbentuk, siswa menjadi lebih tertib dan disiplin serta siswa jadi lebih semangat dan bakat yang dimiliki siswa jadi meningkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Syafiq Humaisi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:14 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:14 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28344 |
Actions (login required)
View Item |