Na'im, Achmad Choirun (2024) Peran Masjid Dalam Upaya Pengenalan Perbankan Syariah Di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ETHESES ACHMAD CHOIRUN NA'IM.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Masjid merupakan institusi penting dalam Islam yang memiliki beragam fungsi. Sejauh ini, fungsi masjid yang terkait dengan aspek ekonomi nampaknya masih kurang mendapatkan perhatian. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran masjid dalam upaya pengenalan perbankan syariah di Kecamatan Kedungtuban, Kabupaten Blora. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dibaca, dipelajari, ditelaah, kemudian reduksi data menyusunnya dalam satuan-satuan, dikategorisasikan, dan mengadakan pemeriksaan keabsahan data. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Masjid dalam upaya pengenalan perbankan syariah yaitu dengan mengadakan kajian majelis taklim, melakukan kegiatan dalam ibadah rutin shalat jum’at dan pengajian, Melalui kegiatan pengajian dan tabliq akbar. (2) Faktor yang mempengaruhi peran masjid dalam upaya pengenalan perbankan syariah di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora adalah rendahnya kapabilitas sumber daya manusia (SDM) pengelola masjid, lemahnya manejemen masjid, kurangnya pemahaman dari umat islam tentang multifungsi masjid, dan belum adanya upaya pembinaan jamaah inti masjid secara profesional. (3) Dampak dari pengenalan bank syariah terkait tingkat penerimaan tersebut dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu kesadaran (awareness) masyarakat akan keberadaan produk-produk perbankan syariah untuk mencari informasi guna meningkatkan pemahaman (knowledge) masyarakat. Tingkat kesukaan (liking) jamaah masjid yang tinggi tidak menjadikan jamaah juga mempunyai minat (preference) yang tinggi terhadap produk perbankan syariah. Keyakinan (conviction) jamaah yang relatif tinggi, tidak dibarengi dengan transaksi yang tinggi pula. Aspek Pemahaman, kesukaan, dan keyakinan merupakan aspek afektif dan kognitif dari proses adopsi (penerimaan) konsumen atas sebuah produk perbankan syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Mansur Azis |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:08 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:08 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28337 |
Actions (login required)
View Item |