Mawaddah, Sofi Alfiyatul (2024) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI_206200042_SOFI ALFIYATUL M.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Mawaddah, Sofi Alfiyatul. 2024. Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Skripsi, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Afni Ma’rufah, M.Pd.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Pendidikan
Profesionalisme guru adalah dedikasi dan kompetensi seorang guru dalam menjalankan tugas serta tanggung jawabnya dengan standar tinggi yang selaras dengan etika profesi. Dan peluang guru perlu tanggap, cerdas, dan mampu beradaptasi dalam berbagai keadaan. Pentingnya penelitian ini untuk menerapkan kedisiplinan terutama dalam waktu. Setiap sekolah memiliki penerapan yang berbeda-beda dalam menanggapi profesionalisme guru, salah satunya SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo yang sudah menerapkan peningkatan profesionalisme guru dengan maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) peran kepala sekolah sebagai leader dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo; (2) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo; dan (3) dampak peran kepala sekolah sebagai leader dan supervisor terhadap peningkatan profesionalisme guru di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan gambar dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah model Miles, Huberman, dan Johnny Saldana, yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa (1) Peran kepala sekolah sebagai leader yaitu berkepribadian yang dimiliki terhadap bawahannya dan mewujudkan visi dan misi sekolah, selanjutnya menciptakan hubungan yang harmonis terhadap bawahannya, selanjutnya mengambil keputusan dalam mengatasi permasalahan di sekolah, dan yang terakhir membangun komunikasi terhadap bawahannya melalui percakapan atau koordinasi. (2) Peran kepala sekolah sebagai supervisor yaitu menyusun bentuk perencanaan yang memuat program-program supervisi mulai dari supervisi guru, supervisi karyawan, supervisi kelas dan kegiatan ekstrakurikuler. Selanjutnya, bentuk pelaksanaan supervisi, seperti melaksanakan program supervisi kelas, dadakan, dan kegiatan ekstrakurikuler. Terakhir melakukan bentuk evaluasi untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi. (3) Dampak peran kepala sekolah sebagai leader dan supervisor yaitu pada dasarnya sangat besar sekali dampaknya, dilihat dari perannya sebagai pemimpin dan pengawas yang memberikan arahan, motivasi, dan visi yang jelas untuk meningkatkan standar pengajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Afni Ma'rufah |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 02:50 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 02:50 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28328 |
Actions (login required)
View Item |