Bidayana, Fahimmatul Latiffa (2024) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas XI di SMK PGRI 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
ETHESIS_201200067_FAHIMMATUL LATIFFA BIDAYANA.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Bidayana, Fahimmatul Latiffa. 2024. Implementasi Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila Siswa Kelas XI
di SMK PGRI 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing: Dr. M. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Pancasila.
Pendidikan Agama Islam memiliki peran penting dalam membentuk akhlak
siswa. Akan tetapi saat ini telah banyak terjadi pergeseran akhlak siswa di sekolah
salah satunya terdapat siswa yang kurang menerapkan nilai-nilai Profil Pelajar
Pancasila seperti kurang mematuhi tatab tertib dan menurunnya disiplin siswa. Oleh
karena itu, maka penting untuk melaksanakan kegiatan Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam baik di dalam kelas maupun di luar kelas sebagai upaya dalam
pembentukan akhlak siswa yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menjelaskan implementasi
pembelajaran PAI dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila beriman, bertakwa
kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia siswa kelas XI di SMK PGRI 1 Ponorogo,
(2) menjelaskan dampak implementasi pembelajaran PAI dalam membentuk Profil
Pelajar Pancasila beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia kelas
XI di SMK PGRI 1 Ponorogo, (3) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat
implementasi pembelajaran PAI dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila
beriman, bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia siswa kelas XI di SMK
PGRI 1 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus.
Dalam teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik wawancara,
observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis
kualitatif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian
data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan: (1) Implementasi
pembelajaran PAI dalam membentuk Profil Pelajar Pancasila beriman, bertakwa
kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia melalui kegiatan pembelajaran PAI setiap
hari dan seminggu sekali, di dalam kelas menggunakan metode ceramah dan
keteladanan dengan jenis materi pembelajaran PAI dasar, sedangkan di luar kelas
menggunakan metode pembiasaan pada kegiatan sholat dhuha dan sholat duhur
berjama’ah, berodo’a sebelum memulai pembelajaran, pembiasaan kedisiplinan
dan pembiasaan sopan santun. (2) Dampak implementasi pembelajaran PAI dalam
membentuk Profil Pelajar Pancasila yaitu perubahan sikap dan perilaku siswa yang
lebih baik dalam kesehariannya, siswa menjadi lebih disiplin, sikap sopan dan sikap
bicaranya menjadi lebih baik. (3) Faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana,
dukungan dan kerjasama warga sekolah, guru PAI dan siswa itu sendiri. Sedangkan
faktor penghambatnya yaitu kemampuan dan sikap siswa yang berbeda, respon dari
siswa kurang, sarana dan prasarana yang kurang maksimal untuk digunakan, tidak
adanya buku paket atau LKS PAI dan pengaruh dari teman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | M. Miftahul Ulum |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 12 Jun 2024 03:17 |
Last Modified: | 12 Jun 2024 03:17 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28321 |
Actions (login required)
View Item |