pengaruh pendapatan dan persepsi tentang emas terhadap minat investasi emas pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam iain ponorogo

Ma'ruf, Muhammad Fadhil (2024) pengaruh pendapatan dan persepsi tentang emas terhadap minat investasi emas pada mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis islam iain ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
401180070_MUHAMMAD FADHIL MA'RUF_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Ma’ruf, Muhammad Fadhil. Pengaruh Pendapatan dan Persepsi Tentang Emas Terhadap Minat Investasi Emas Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Skripsi. 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negri Ponorogo, Pembimbing: Ratna Yunita, M.A.
Kata kunci: investasi, konsumsi, psikologis, ekonomi
Investasi adalah cara agar harta menjadi produktif tanpa harus mengorbankan waktu dan tenaga. Berbagai pilihan dalam berinvestasi membuat seorang individu harus berbekal keilmuan khusus sebelum menentukan pilihan jenis investasi tertentu. Selain harus berbekal keilmuan, seorang individu harus memiliki pendapatan yang kemudian dialokasikan untuk investasi. Jenis investasi paling minim resiko serta kepastian keuntungan dan dapat dilakukan dengan modal berapapun terdapat pada investasi emas karena sangat mudah dilakukan dan memiliki sifat zero inflation. Mahasiswa terutama pada fakultas ekonomi memiliki keilmuan dan pemahaman akan keuntungan dari investasi emas yang seharusnya berimbas pada pengaplikasian dalam berinvestasi emas. Namun demikian dengan berbagai keuntungan serta kemudahan yang tersedia untuk melakukan investasi emas, investasi ini masih menjadi topik yang asing untuk mahasiswa bahkan tidak sedikit dari mereka yang enggan untuk melakukannya termasuk ke dalamnya ialah mahasiswa yang mengenyam pendidikan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara ilmiah menggunakan metode kuantitatif berkaitan dengan pengaruh antara pendapatan dan persepsi tentang emas baik secara parsial maupun secara simultan terhadap minat investasi emas pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo, sedangkan sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling dan menggunakan rumus Slovin sehingga sampel diketahui sejumlah 85 orang.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa pendapatan dan persepsi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap minat investasi emas mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo dengan hasil uji koefisian regresi parsial pendapatan senilai 3,048 sedangkan persepi senilai 4,044. Secara simultan pendapatan dan persepsi tentang emas juga berpengaruh terhadap minat investasi emas pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo dengan hasil uji koefisien regresi secara bersamaan senilai 18,047.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Jun 2024 03:20
Last Modified: 12 Jun 2024 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28317

Actions (login required)

View Item View Item