Strategi Komunikasi BAZNAS Kabupaten Jombang Dalam Menyosialisasikan Zakat

Janah, Wadzifatul (2024) Strategi Komunikasi BAZNAS Kabupaten Jombang Dalam Menyosialisasikan Zakat. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
403180024_Wadzifatul Janah_Manajemen Zakat dan Wakaf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Janah, Wadzifatul. Strategi Komunikasi BAZNAS Kabupaten Jombang dalam Menyosialisasikan Zakat. Skripsi. 2024. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M. Pd.
Kata Kunci: Strategi, Komunikasi, Sosialisasi, Zakat.
Komunikasi merupakan elemen utama dalam berbagai konteks kehidupan bermasyarakat. Begitu juga dengan salah satu organisasi non-profit yang ditunjuk pemerintah, yaitu BAZNAS. Saat ini, era revolusi industri 4.0 dimana digitalisasi menggunakan internet. Memanfaatkan kecanggihan internet untuk mengenalkan atau menyosialisasikan suatu lembaga adalah hal umum. Meskipun memanfaatkan sosial media, tidak masyarakat pun perlu ditunjukkan secara langsung tanpa melalui cara online. Selain itu, Sebagian besar masyarakat belum memahami zakat dan mengenal BAZNAS. Adanya strategi komunikasi untuk mempermudah melakukan langkah dalam sosialisasi zakat agar lebih terorganisir.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan BAZNAS Kabupaten Jombang dalam menyosialisasikan zakat, alasan penerimaan dana zakat yang mengalami fluktuatif, dampak dan faktor penghambatnya. Menggunakan teori model perencanaan komunikasi dari Hafied Cangara.
Hasil penelitiannya adalah. 1) BAZNAS Kabupaten Jombang melakukan strategi komunikasi dimulai dari langkah identifikasi target khalayak, penetapan tujuan, pemuatan pesan, pengukuran komitmen, pemilihan saluran/media, pembuatan rencana komunikasi, dan tahap evaluasi. Namun, yang sudah sesuai teori baru tahap pemilihan media. Selebihnya masih hanya sebagian saja. 2) Alasan penerimaan zakat mengalami fluktuatif karena sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Jombang belum tercatat di BAZNAS Kabupaten Jombang dan kepercayaan masyarakat yang masih pada penyaluan zakat secara langsung. 3) Untuk dampaknya, semakin meningkatkan kepercayaan masyarakat yang ditandai dengan meningkatnya pemasukan dan penyalurannya, semakin dikenal dan menjadi acuan BAZNAS di Jatim, komitmen tim diukur melalui profesionalitas, menjadi jaringan bagi donatur di luar Jombangdan evaluasi semakin baik dilihat dari program yang dijalankan. Faktor penghambatnya yakni kesadaran masyarat kurang, pemahaman narasi, dan waktu tim media lain menerima rilis tanpa dicek lebih dahulu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 06:47
Last Modified: 11 Jun 2024 06:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28311

Actions (login required)

View Item View Item