RAHMAWATI, APRILIA (2024) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)..PELAYANAN CUSTOMER SERVICE BERBASIS ISLAMI DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN NASABAH DI BANK MUAMALAT KANTOR CABANG PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.
|
Text
DOC-20240611-WA0027..pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rahmawati, Aprilia. Pelayanan Customer Service Berbasis Islami Dalam Meningkatkan Kepuasan Nasabah Di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Ponorogo. Skripsi 2023. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Dr. Luhur Prasetiyo, M.E.I.
Kata kunci: Pelayanan islami, customer service, nasabah
Dalam dunia perbankan pada saat ini terdapat persaingan yang sangat ketat dalam pemberian pelayanan yang baik kususnya bank islam seperti Bank Muamalat KCP Ponorogo merasakan persaingan tersebut, dimana umumnya bank islam harus memberikan sebuah pelayanan yang baik terhadap nasabah. Pelayanan tersebuat tentunya pelayanan yang berbasis islami karena sesuai dengan pandangan sebagai bank islam. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pelayanan berbasis islami yang diterapkan customer service dalam meningkatkan kepuasan nasabah di bank Muamalat KCP Ponorogo?, bagaimana strategi yang digunakan customer service saat memberikan pelayanan kepada nasabah di bank Muamalat KCP Ponorogo?, bagaimana dampak dari strategi pelayanan yang diberikan customer service kepada nasabah di bank Muamalat KCP Ponorogo?.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan penelitian pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian langsung ke lapangan. Penelitian yang dilakukan dengan mewawancarai nasabah dan customer service bank Muamalat KCP Ponorogo.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pelayanan islami yang dilakukan oleh customer service adalah sebagai berikut yaitu responsive, reliability, assurance, dan tangible strategi pelayanan tersebut sudah sesuai dengan prinsip pelayanan islami, pelayanan tersebut diterapkan di bank Muamalat KCP Ponorogo. Strategi pelayanan islami yang diberikan customer service dalam meningkatkan kepuasan nasabah yaitu dengan strategi ultimate service dan sistem keluhan nasabah. Dua strategi tersebut yang digunakan bank Muamalat KCP Ponorogo dalam mengetahui tingkat kepuasan nasabah. Dampak dari strategi pelayanan yang diberikan yaitu memberikan rasa puas terhadap nasabah, nasabah menjadi lebih loyal dan citra bank menjadi meningkat serta lebih baik lagi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | LUHUR PRASETIYO |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 05:32 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 05:32 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28303 |
Actions (login required)
View Item |