Efektivitas Model Pembelajaran (Inside Outside Circle) IOC Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V MI Ma'arif Polorejo

Anwar, Sarif Syaiful (2024) Efektivitas Model Pembelajaran (Inside Outside Circle) IOC Terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Kelas V MI Ma'arif Polorejo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
SYARIF WATERMARK.pdf

Download (952kB)

Abstract

ABSTRAK
Syaiful Anwar, Sarif. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran IOC (Inside Outside
Circle) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V MI
Ma’arif Polorejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing: Lia Amalia, S.Ag, M.Si
Kata Kunci: Model pembelajaran inside outside circle, hasil belajar, IPA.
Model pembelajaran adalah merupakan pola umum prilaku pembelajaran da-
lam mencapai untuk mewujudkan tujuan pembelajaran yang di harapkan di dalam ke-
las. Beberapa guru belum mengembangkan model pembelajaran yang mengikut ser-
takan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Kurangnya kerja sama antara siswa
dengan siswa lainnya, kurangnya berkonsentrasi hal ini dapat menyebabkan siswa
cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti
menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle untuk memberikan kesem-
patan kepada siswa untuk meningkatkan kemampuan kerja sama dan kreativitas nya
baik itu kemampuan individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle ter-
hadap hasil belajar IPA kelas V MI Ma’arif Polorejo. Model ini dipilih karena mela-
tih kemampuan interpersonal, keaktifan, dan kerjasama melalui kerja kelompok. Hal
ini didukung oleh teori Slameto yang mengemukakan bahwa model IOC adalah pen-
dekatan dimana siswa dapat belajar secara mandiri dan memiliki kemampuan
menyampaikan pendapat dengan baik.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris tentang (1) Penera-
pan metode pembelajaran IOC terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Maarif Polorejo
pada mata pelajaran IPA; dan (2) Pengaruh penggunaan metode IOC ter- hadap hasil
belajar siswa kelas V MI Ma’arif Polorejo pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan dengan de-
sain penelitian eksperimen yaitu menggunakan quasi experimental design. Pengambi-
lan data dilakukan melalui tes dan angket. Sampel dalam penelitian ini berasal dari
siswa kelas VA dengan jumlah 24 siswa, dan VB 24 siswa di MI Ma’arif Polorejo
Kabupaten Ponorogo yang dipilih menggunakan teknik sampel jenuh. Data hasil
penelitian diuji menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas), dan uji
hipotesis uji t (independent sample t test).
Berdasarkan hasil uji data didapatkan bahwa (1) model IOC ekeftif meingkat-
kan keaktifan siswa selama kegiatan pembelajaran, sehingga hasil belajar siswa
meningkat; (2) hasil uji T (Independet Sample T Test) yang diperoleh nilai sig. (2-
tailed) sebesar 0,000, yang artinya nilai sig. (2-tailed) < 0,05 sehingga dapat dinya-
takan bahwa hipotessis H1 yang menyatakan bahwa “terdapat efektivitas penggunaan
model pembelajaran inside outside circle terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata
pelajaran IPA” diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 05:25
Last Modified: 11 Jun 2024 05:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28297

Actions (login required)

View Item View Item