Strategi Pemasaran Pendidikan Di Era Digital Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo

Syafi'i, Muhammad Mundir (2024) Strategi Pemasaran Pendidikan Di Era Digital Dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik Di MTs Terpadu Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
206200119 MUHAMMAD MUNDIR SYAFI'I MPI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Strategi pemasaran dalam lembaga pendidikan lebih menekankan pada
cara mempromosikan kualitas program pendidikan, fasilitas, kurikulum, dan
pengalaman belajar kepada calon siswa dan orang tua mereka. Pemasaran dalam
lembaga pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kerja sama atau transaksi
dengan calon siswa (pembeli), siswa yang sudah ada (pelanggan), dan
masyarakat umum (publik). Pengelolaan pemasaran yang tepat dalam lembaga
pendidikan dapat meningkatkan keunggulan bersaing dan kinerja, serta menarik
siswa berkualitas.
Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi
pemasaran jasa pendidikan yang diterapkan di MTs Terpadu Hudatul Muna. 2)
Untuk mengetahui media informasi yang digunakan MTs Terpadu Hudatul
Muna dalam mengimplementasikan strategi pemasaran jasa pendidikan. 3)
Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung MTs Terpadu
Hudatul Muna dalam mengimplementasikan strategi pemasaran pendidikan. 4)
Untuk mengetahui hasil pemasaran pendidikan dalam meningkatkan minat
peserta didik MTs Terpadu Hudatul Muna. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan di MTs
Terpadu Hudatul Muna. Sumber data berasal dari data primer dan data
sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini mengikuti model
langkah Miles dan Michael Huberman. Dalam penelitian ini teknik pengujian
keabsahan data menggunakan teknik uji kreadibilitas dengan cara triangulasi.
Aktivitas dalam analisi data meliputi pengumpulan data, kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Strategi
pemasaran pendidikan di era digital dalam meningkatkan minat peserta didik di
MTs Terpadu Hudatul Muna menerapkan konsep bauran pemasaran dengan 7
model di dalamnya, 2) Kendala atau faktor penghambat MTs Terpadu Hudatul
Muna yaitu keterbatasan SDM dan keterbatasan sarpras. Sedangkan faktor
pendukung, yaitu lembaga pendidikan yang berbasis pondok pesantren,
program unggulan yang beragam, kegiatan ekstrakurikuler, lokasi yang
strategis, biaya yang terjangkau, lingkungan sekolah yang nyaman dan aman.
3) Hasil implementasi strategi pemasaran pendidikan MTs Terpadu Hudatul
Muna memiliki dampak yang positif. Sejak tahun ajaran 2018-2019 sampai tahun ajaran 2023-2024 jumlah siswa di MTs Terpadu Hudatul Muna terus
mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:48
Last Modified: 11 Jun 2024 02:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28278

Actions (login required)

View Item View Item