Fadila, Rizkii Nur (2024) Komunikasi Persuasif Pengurus Pondok Dalam Menumbuhkan Nilai Kedisiplinan Santri Di Pondok Pesantren Al-Ishlah Desa Tambakmas Kecamatan Kebonsari Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
FILE SKRIPSI ASLI FADIL.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Pondok pesantren Al-Ishlah adalah sebuah lembaga pendidikan Islam tradisional (salaf) yang bertujuan untuk menyampaikan pengajaran, pemahaman, dan praktik ajaran Islam, dengan moral keagamaan sebagai dasar perilaku sehari-hari. Dalam menghadapi tantangan kurangnya disiplin di antara santri-santrinya, pengurus pondok menggunakan komunikasi persuasif sebagai sarana untuk menegakkan kedisiplinan. Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pondok yang lebih teratur dan disiplin di Pondok Pesantren Al-Ishlah.
Penelitian ini bertujuan untuk: Menjelaskan strategi komunikasi persuasif pengurus pondok kepada santri dalam menumbuhkan nilai kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Tambakmas, Untuk menganalisis hasil penerapan komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengurus pondok dalam menumbuhkan nilai kedisiplinan santri di Pondok Pesantren Al-Ishlah Tambakmas. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi persuasif menurut Melvin L. Defleur dan Sandra J. Ball-Rokeach yaitu Strategi Psikodinamika, Strategi Sosiokultural, dan Strategi Manipulasi Pengertian (The Meaning Construction Strategy). Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian data dianalisis dan diolah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini terdapat teori yang relevan dan mendukung rumusan masalah yang diteliti. Pertama, pengurus pondok pesantren Al-Ishlah menerapkan strategi komunikasi persuasif dalam menumbuhkan nilai kedisiplinan santrinya dengan menggunakan tiga pendekatan: pendekatan emosional, pendekatan sosial dan pendekatan strategi manipulasi pengertian dengan menggunakan media pendidikan. Kedua, hasil dari penerapan komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengurus pondok secara terus-menerus dan efektif telah mengakibatkan perubahan positif dalam tingkat disiplin para santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Muh. Tasrif |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 11 Jun 2024 02:40 |
Last Modified: | 11 Jun 2024 02:40 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28270 |
Actions (login required)
View Item |