Analisis Kemampuan Unit Usaha Dalam Menunjang Biaya Operasional di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Madiun

Amin, Anas Saihul (2024) Analisis Kemampuan Unit Usaha Dalam Menunjang Biaya Operasional di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
E-theses_Anas Saihul Amin (2).pdf

Download (1MB)

Abstract

LAZNAS Nurul Hayat Madiun merupakan Lembaga mandiri yang berkomitmen tidak mengambil hak amil untuk keperluan biaya operasional Lembaga terutama untuk gaji karyawan itu sepenuhnya diambilkan dari hasil laba unit usaha salah satunya unit usaha aqiqoh Nurul Hayat Madiun sedangkan untuk keperluan biaya operasional diambilkan dari hak amil, jadi hak amil tidak diberikan untuk amil melainkan digunakan untuk biaya operasional Lembaga. Unit usaha Nurul Hayat Madiun dalam menunjang biaya operasional Lembaga belum optimal terutama setelah masa pandemi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan unit usaha dalam menunjang biaya operasional yang dilakukan LAZ Nurul Hayat Madiun, menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat unit usaha dalam menunjang biaya operasional pada LAZNAS Nurul Hayat Madiun, serta penelitian ini juga bermaksud menganalisis bagaimana seharusnya LAZNAS Nurul Hayat Madiun dalam memaksimalkan dan mengelola seluruh unit usahanya sehingga dapat menunjang biaya operasional Lembaga.
LAZNAS Nurul hayat madiun memiliki dua unit usaha untuk menunjang biaya operasional Lembaga yaitu unit usaha aqiqoh dan biro umroh. untuk mekanismenya dari semua karyawan yang ada di LAZNAS Nurul Hayat Madiun untuk untuk marketingnya dibagi yang pertama, dibagian penawaran kedua, dibagian penarikan ketiga, dibagian admin dan yang keempat, dibagian penyaluran. Faktor penghambat unit usaha Nurul Hayat Madiun dalam menunjang biaya operasional adalah masa transisi, selain itu yang menjadi penghambat unit usaha Nurul Hayat Madiun adalah pesaing yang tidak sehat, selain itu tingginya biaya operasional yang sangat berat bagi Lembaga. Sedangkan faktor pendukungnya Sadarnya Masyarakat mengenai betapa pentingnya melaksanakan aqiqoh, yang kedua Nurul Hayat Madiun juga memiliki relasi dalam membangun sebuah bisnis terutama pada unit usaha aqiqoh, yang ketiga unit usaha Nurul Hayat Madiun mempunyai brand yang netral, yang keempat unit usaha aqiqoh Nurul Hayat Madiun sudah mempunyai standar produk dari pusat. LAZNAS Nurul Hayat Madiun juga memiliki Langkah atau Solusi dalam mengoptimalkan unit usahanya diantaranya yang pertama dengan pola dan program yang baru, yang kedua menjaga kualitas produk, yang ketiga mengurangi SDM.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:36
Last Modified: 11 Jun 2024 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28266

Actions (login required)

View Item View Item