Komparasi Hasil Belajar Fikih Siswa Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Pada Kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo Tahun ajaran 2023/2024

Roziqin, Ilham 'Ainur (2024) Komparasi Hasil Belajar Fikih Siswa Dengan Diterapkannya Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Inkuiri Pada Kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo Tahun ajaran 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Pronorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_201200314_ILHAM 'AINUR ROZIQIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang diperoleh peserta didik setelah mengalami aktivitas belajar, hasil belajar suatu proses pembelajaran untuk melihat sejauh mana peserta didik dapat menguasai pembelajaran setelah mengikuti kegiatan proses belajar mengajar atau keberhasilan yang dicapai seorang peserta didik setelah mengikuti pembelajaran. Namun secara realitanya hasil belajar siswa masih kurang, hal ini disebabkan salah satunya dalam penggunakan model pembelajaran dalam penyampaian pelajaran dikelas. Maka dibutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar fikih dengan diterapkannya model pembelajaan Problem Based Learning pada kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo; (2) mengetahui hasil belajar fikih dengan diterapkannya model pembelajaran Inkuiri pada kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo; (3) mengetahui perbedaan hasil belajar fikih antara diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning dengan Inkuiri pada kelas IX MTs Putri Ma’arif Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis komparasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas IX A dan IX B MTs Putri Ma’arif yang berjumlah 60 siswa. Dalam pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan tektik komparasi tes “t”.
Berdasarkan hasil perhitungan menujukkan bahwa (1) Secara umum hasil belajar fikih dengan model pembelajaran Problem Based Learning masuk dalam kategori sedang sebanyak 14 siswa dengan persentase 47% .(2) Model pembelajaran Inkuiri dalam hasil belajar fikih masuk dalam kategori sedang sebanyak 18 siswa dengan persentase 60%. (3) Berdasarkan perhitungan Independent Sampel t-Test diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,004 yang mana lebih kecil dari 0,05 sehingga berdasarkan hasil keputusan ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar fikih yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan model pembelajaran Inkuiri pada kelas IX di MTs Putri Ma’arif ponorogo dimana model pembelajran inkuiri lebih efektif dari model Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Basuki
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:32
Last Modified: 11 Jun 2024 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28256

Actions (login required)

View Item View Item