Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Di Ma Ma’arif Klego Ponorogo

Maghfiratul Ula, Anggun (2024) Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak Di Ma Ma’arif Klego Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MA MA'ARIF KLEGO PONOROGO.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan yang dihadapi dalam proses pembelajaran, di mana banyak siswa kurang fokus terhadap penjelasan guru, menunjukkan kecenderungan malas belajar, dan kegiatan belajar yang kurang menarik sehingga siswa lebih tertarik untuk bermain dengan teman sebangkunya selama proses pembelajaran berlangsung. Kondisi ini menyebabkan suasana belajar yang kurang optimal dan berpotensi pada hasil belajar siswa. Upaya untuk mengatasi hal tersebut peneliti melakukan penelitian terhadap pembelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Question Card.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Question Card untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak peserta didik, mengetahui hasil belajar akidah akhlak setelah diterapkan model pembelajaran TGT berbantuan media
Question Card, dan mengetahui seberapa efektif model pembelajaran TGT berbantuan media Question Card dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Instrumen pengumpulan data dilakukan melalui observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran dan tes. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji hipotesis Nonparametrik seperti uji Mann�Whitney U dan uji N-Gain.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model
pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Question Card pada pertemuan pertama mencapai 94% dan pada pertemuan kedua mencapai 100%, terlaksana secara menyeluruh mulai dari kegiatan pendahuluan, inti, hingga
penutup. (2) Terjadi peningkatan dan terdapat pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament berbantuan media Question Card terlihat dari hasil setelah pembelajaran, nilai rata-rata post-test di kelas eksperimen meningkat menjadi 88,24, lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 71,33. (3) Terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament
berbantuan media Question Card terhadap hasil belajar akidah akhlak. Pada uji N�Gain kelas kontrol memperoleh nilai 27% dan kelas eksperimen 80%. Maka dapat disimpulkan model pembelajaran TGT berbantuan media Question Card efektif
untuk meningkatkan hasil belajar akidah akhlak peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:51
Last Modified: 11 Jun 2024 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28251

Actions (login required)

View Item View Item