Implementasi Program Pondok Pesantren Kilat dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo)

Rofiqoh, Ulfah (2024) Implementasi Program Pondok Pesantren Kilat dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Studi Kasus di SMK PGRI 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KUU FULL WATERMARK-halaman.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rofiqoh, Ulfah. 2024. Implementasi Program Pondok Pesantren Kilat dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Studi kasus SMK PGRI 2 Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata Kunci: Pesantren Kilat, Karakter Religius, Peserta Didik.SMK yang pada dasarnya hanya berfokus dengan kejuruan kini di lembaga SMK PGRI 2 Ponorogo menerapkan sekolah kejuruan berbasis pondok pesantren.
Dengan pelaksanaan program pesantren kilat ini, menjadi suatu usaha untuk
melengkapi pendidikan agama yang telah dilakukan oleh sekolah, dengan memberikan
makna yang lebih dalam praktek keagamaan melalui pelatihan terpadu.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program pesantren
kilat dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMK PGRI 2 Ponorogo 2).
Untuk memaparkan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan
program pondok pesantren kilat dalam pembentukan karakter religius peserta didik di
SMK PGRI 2 Ponorogo.
Adapun penelitian ini dirancang menggunakan metode kualitatif dengan jenis
penelitian ini adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan metode
wawancara, observasi dan dokumentasi. Partisipan penelitian berasal dari peserta didik
kelas X, Guru agama, ustadz pondok Al – ikhlas. Teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisa data ditemukan bahwa implementasi visi dan tujuan sudah
dapat terimplementasikan dengan baik selama berjalan 9 tahun. Visi pesantren kilat yaitu
meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan pemahaman peserta didik terhadap Ajaran
agama islam, serta mewujudkan SMK yang berbasis pondok pesantren. Sedangkan
tujuan diadakan pesantren kilat adalah karena perkembangan teknologi yang semakin
pesat yang membuat kegelisahan kepala sekolah beserta tenaga pendidik berencana
mensosialisasikan bahwa SMK PGRI 2 Ponorogo merupakan sekolah berbasis pondok.
Struktur materi meliputi materi pembelajaran PAI di sekolah yang sudah terbagi dengan
materi yang di ajarkan di pondok. Struktur Kurikulum dari pihak sekolah (guru agama)
menyusun dan mengajukan beberapa materi yang diambil dari materi PAI yang ada di
sekolah. Evaluasi yang diberikan dengan cara melakukan ujian test secara lisan dan
tertulis dan dilakukan di hari terakhir pelaksanaan kegiatan pesantren kilat tersebut. 2.)
Faktor pendukung atau kemudahan pesantren kilat seperti saling support dari berbagai
pihak, fasilitas memadai, ustadz mencukupi, dan lain sebagainya. Sedangkan faktor
penghambat seperti, peserta didik sakit atau kegiatan mendadak yang memungkinkan
untuk perubahan atau mendata ulang (revisi) jadwal pondok, Waktu mondok
penyerapannya kurang, peserta didik tidak segera mengikuti sholat jamaah, pura-pura
sakit, malas mengikuti pelajaran dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 11 Jun 2024 01:39
Last Modified: 11 Jun 2024 01:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28243

Actions (login required)

View Item View Item