KOMPARASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DI KELAS X MA NURUL MUJTAHIDIN MLARAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024

zaki, muhamad (2024) KOMPARASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DI KELAS X MA NURUL MUJTAHIDIN MLARAK TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201200342_MUHAMAD ZAKI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan siswa yang kesulitan dalam memahami konsep pada mata pelajaran fiqih, hal ini disebabkan karena dalam proses belajar siswa kurang aktif, dan guru hanya menggunakan metode ceramah tidak mengkolaborasikan dengan metode atau media lain mengakibatkan siswa merasa jenuh dan bosan. Berdasarkan obeservasi awal peneliti di kelas X MA Nurul Mujtahidin Mlarak diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa rendahnya pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran fiqih sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa tidak maksimal di bawah KKM, dengan kondisi demikian memungkinkan dipengaruhi oleh penggunaan media yang kurang tepat sehingga perlu diterapkan media pembelajaran yang bervariasi seperti media Wordwall.
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Wordwall terhadap pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Nurul Mujtahidin Mlarak. Dan, (2) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara di terapkannya media pembelajaran Wordwall dengan tanpa di terapkanya media pembelajaran Wordwall pada mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Nurul Mujtahidin Mlarak
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pre-eksperimen designs dengan designs penelitian One-Group Pretest-Posttes Design. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sebelum dan sesudah dilakukan treatment dengan menggunakan satu kelas, kelas eksperimen penelitian dengan membandingkan hasil Pretest dengan hasil Posttest. Pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan lembar observasi dan soal pilihan ganda. Analisis data uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji paired t-test.
Hasil penelitian diperoleh bahwa; (1) Penerapan media pembelajaran Wordwall di MA Nurul Mujtahidin Mlarak melalui hasil observasi dengan persentase sebesar 92,6% keterlaksanaan media pembelajaran Wordwall, dari data Pretest dan Posttest yang memenuhi KKM dari data Pretest sebanyak 1 siswa dan pada data Posttest sebanyak 14 siswa. (2) Penggunan media pembelajaran Wordwall dengan memperoleh hasil rata-rata nilai Pretest sebesar 35 dan Posttest sebesar 71,5 artinya ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep siswa antara di terapkannya media pembelajaran Wordwall dengan tanpa di terapkanya media pembelajaran Wordwall pada mata pelajaran Fiqih di kelas X MA Nurul Mujtahidin Mlarak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Restu Yulia Hidayatul Umah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2024 04:04
Last Modified: 10 Jun 2024 04:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28223

Actions (login required)

View Item View Item