Sari, Ria Finola Alfani (2024) Nilai-nilai Toleransi dalam Buku Tuhan Ada di Hatimu Karya Husein Ja’far Al-Hadar dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI RIA FINOLA ALFANI SARI 201200170.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Sari, Ria Finola Alfani. 2024. Nilai-nilai Toleransi dalam Buku Tuhan Ada di Hatimu Karya Husein Ja’far Al-Hadar dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Lutfiana Dwi Mayasari, M.H., M.Si.
Kata Kunci: Nilai toleransi, Buku Tuhan Ada di Hatimu, Tujuan Pendidikan Islam
Maraknya kasus intoleransi jika dibiarkan akan menjadi momok dalam dunia pendidikan. Turunnya minat peserta didik dalam mengakses literatur yang berkaitan dengan nilai toleransi merupakan salah satu penyebab dari kasus tersebut. Padahal ada banyak literatur yang bisa dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan untuk menerapkan nilai toleransi. Pendidikan dijadikan proses sebagai pengembangan perilaku dan sikap individu perserta didik dalam bermasyarakat di mana mereka berada.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) nilai-nilai toleransi yang terkandung dalam buku Tuhan Ada di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar dan menjelaskan (2) relevansi nilai-nilai toleransi yang terkandung dalam buku Tuhan Ada di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar dengan tujuan pendidikan Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku Tuhan Ada di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini menemukan: (1) nilai-nilai toleransi dalam buku Tuhan Ada di Hatimu karya Husein Ja’far Al-Hadar meliputi nilai menghargai budaya, menghargai orang lain, menghargai perbedaan hak, menghormati orang lain, menjadi manusia berakhlak, tetap mencintai meskipun berbeda pendapat, melebur di tengah perbedaan, menghindari fanatisme, mempersatukan perbedaan, bersaudara dalam kemanusiaan, dan kebebasan dalam berkeyakinan. (2) Nilai-nilai toleransi dalam buku Tuhan Ada di Hatimu karya Husein Ja’far Al Hadar relevan dengan tujuan pendidikan Islam, meliputi nilai menghargai budaya relevan dengan prinsip tauhid dalam tujuan pendidikan Islam, menghargai antar perbedaan relevan dengan prinsip persamaan, menghargai perbedaan hak relevan dengan prinsip kebebasan, menghormati orang lain relevan dengan prinsip kebahagiaan, menjadi manusia berakhlak relevan dengan prinsip kebahagiaan, tetap mencintai meskipun berbeda pendapat relevan dengan prinsip kontinuitas, melebur di tengah perbedaan relevan dengan prinsip kontinuitas, menghindari fanatisme relevan dengan prinsip kemaslahatan, mempersatukan perbedaan relevan dengan prinsip persamaan, bersaudara dalam kemanusiaan relevan dengan prinsip tauhid, dan kebebasan dalam berkeyakinan relevan dengan prinsip kebebasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Lutfiana Dwi Mayasari |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:04 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:04 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28211 |
Actions (login required)
View Item |