Rahmawati, Selviana (2024) Analisis Problematika dalam Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
201200183_SELVIANA RAHMAWATI_SKRIPSI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Rahmawati, Selviana. 2024. Analisis Problematika dalam Implementasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum Merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Azmi Mustaqim, M.A.
Kata Kunci: Problematika, Implementasi, Kurikulum Merdeka
Pada implementasi proses pembelajaran PAI kurikulum merdeka di MTs Terpadu Hudatul Muna Kabupaten Ponorogo, tidak terlepas dari beberapa permasalahan. Untuk mengetahui permasalahan sekaligus upaya yang dilakukan pendidik, maka penelitian ini penting dan perlu diteliti lebih mendalam, mengingat bahwa kurikulum merdeka adalah kurikulum baru.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk: (1) mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran PAI, (2) mengetahui problematika yang muncul pada implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran PAI, (3) mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru untuk menyelesaikan problematika implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran PAI.
Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dilakukan oleh peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik kelas VII MTs Terpadu Hudatul Muna Kabupaten Ponorogo. Analisis data yang dilakukan oleh peneliti yaitu menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran PAI di MTs Terpadu Hudatul Muna Kabupaten Ponorogo sudah cukup baik dan telah menerapkan profil pelajar Pancasila dengan pembelajaran berbasis proyek walaupun masih ada beberapa perbaikan atau revisi, (2) problematika yang muncul pada implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran PAI yaitu terdapat problematika perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian, (3) upaya yang dilakukan oleh guru untuk menyelesaikan problematika implementasi kurikulum merdeka dalam proses pembelajaran PAI yaitu dengan melakukan koordinasi atau sharing dengan sesama pendidik, memperluas pengetahuan terkait metode dan media serta sumber pembelajaran, memanfaatkan platform digital dan penggunaan teknologi, mengikuti sosialisasi dan pelatihan, melakukan pertemuan rutin MGMP, mengikuti workshop intern dan ekstern, melengkapi sarana dan prasarana yang kurang tersedia, mengadakan pengawasan dan monitoring secara berkala, serta meningkatkan kerjasama antar stakeholder pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Azmi Mustaqim |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 01:59 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 01:59 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28203 |
Actions (login required)
View Item |