Peran Guru PAI dalam Menangani Kenakalan Siswa akibat Broken Home di SMA Bakti Ponorogo

Solikhatin, Ela (2024) Peran Guru PAI dalam Menangani Kenakalan Siswa akibat Broken Home di SMA Bakti Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ELA SOLIKHATIN_201200062_PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Solikhatin, Ela. 2024. Peran Guru PAI dalam Menangani Kenakalan Siswa akibat Broken Home di SMA Bakti Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Yusmicha Ulya Afif, M.Pd.I.
Kata Kunci: Guru PAI, kenakalan siswa, broken home
Problematika kenakalan siswa menjadi wacana yang tidak ada habisnya. Salah satu faktor dari kenakalan siswa adalah keluarga broken home. Hal tersebutlah yang menyebabkan siswa sering melakukan kenakalan. Kenakalan tersebut, jika dibiarkan akan berdampak buruk bagi siswa itu sendiri, maupun orang lain. Maka dari itu, dibutuhkan peran guru PAI sebagai motivator dan pembimbing dalam menangani kenakalan siswa, terutama siswa akibat broken home. Termasuk di SMA Bakti Ponorogo juga ditemui berbagai permasalahan yang berkaitan dengan kenakalan yang dilakukan oleh siswa, termasuk siswa akibat broken home. Dan kenakalan yang dilakukan oleh siswa tersebut adalah datang terlambat, sering membolos, suka membuat keonaran pada waktu pembelajaran dan sebagainya. Maka dari itu, guru PAI di sekolah ini juga ikut andil dalam menangani permasalahan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Bagaimana upaya guru PAI sebagai motivator dalam menangani kenakalan siswa akibat broken home di SMA Bakti Ponorogo; dan (2) Bagaimana upaya guru PAI sebagai pembimbing dalam menangani kenakalan siswa akibat broken home di SMA Bakti Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian kemudian dianalisis menggunakan model analisa Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: 1) Upaya guru PAI sebagai motivator dalam menangani kenakalan siswa akibat broken home di SMA Bakti Ponorogo dilakukan secara aplikatif melalui beberapa cara, meliputi: a) Muhadhoroh. b) Hadroh. 2) Upaya guru PAI sebagai pembimbing dalam menangani kenakalan siswa akibat broken home di SMA Bakti Ponorogo dilakukan secara aplikatif melalui beberapa cara, meliputi: a) Pembiasaan berperilaku sopan, yakni membiasakan siswa untuk bersikap sopan santun seperti berjabat tangan dengan guru dan membungkukkan badan ketika melewati ruang guru. b) Budaya religius, seperti berdo`a ketika mengawali pembelajaran, sholat dhuha berjama`ah, membaca Al-Qur`an, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:53
Last Modified: 10 Jun 2024 01:53
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28195

Actions (login required)

View Item View Item