Kesalahan Penulisan Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas III Di SDN 1 Jenangan Ponorogo Dalam Materi Menulis Cerita Ditinjau Dari Penulisan Ejaan

Aprilia, Nuly Arsalika (2024) Kesalahan Penulisan Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas III Di SDN 1 Jenangan Ponorogo Dalam Materi Menulis Cerita Ditinjau Dari Penulisan Ejaan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi_Nuly Arsalika Aprilia_203200217_PGMI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstrak
Aprilia, Nuly Arsalika. 2024. Penulisan Karangan Sederhana pada Siswa Kelas III di SDN 1 Jenangan Ponorogo dalam Materi Menulis Cerita Ditinjau dari Penulisan Ejaan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.

Kata Kunci : Ejaan, Karangan Sederhana, Menulis Cerita.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih ditemukannya kesalahan penulisan ejaan pada beberapa hasil tulisan siswa di kelas III SDN 1 Jenangan berupa karangan sederhana yang tidak ditulis sesuai dangan EYD pada kegiatan menulis cerita. Adapun kesalahan ejaan yang ditemukan berupa penggunaan huruf, penulisan kata, dan penggunaan tanda baca. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan segala bentuk kesalahan penulisan ejaan berupa penggunaan huruf kapital pada karangan sederhana siswa, (2) Mendeskripsikan kesalahan penggunaan gabungan huruf konsonan pada karangan sederhana siswa, (3) Mendeskripsikan kesalahan penulisan kata, (4) Mendeskripsikan kesalahan penggunaan tanda baca pada karangan sederhana siswa kelas. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Data dan sumber data dalam penelitian ini berupa hasil karangan sederhana dari 12 siswa kelas III SDN Jenangan Ponorogo. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti disini yaitu teknik simak (metode baca) dan teknik catat. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kesalahan berbahasa milik Tarigan yaitu berupa pengumpulan sampel, penemuan kesalahan, penjelasan kesalahan, pengklasifikasian kesalahan, dan pengevaluasian kesalahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan penulisan ejaan pada karangan sederhana siswa kelas III secara keseluruhan ditemukan sebanyak 319 kesalahan. Adapun rincian dari kesalahan tersebut antara lain yaitu antara lain sebagai berikut (1) Penggunaan huruf kapital ditemukan sebanyak 171 kesalahan. Kesalahan terbanyak pada penggunaan huruf kapital terletak pada kesalahan penggunaan huruf kapital yang berada di awal kata. (2) Pada penggunaan gabungan huruf konsonan ditemukan sebanyak 1 kesalahan. (3) Pada penulisan kata ditemukan sebanyak 54 kesalahan. (4) Pada penggunaan tanda baca ditemukan sebanyak 93 kesalahan. Berdasarkan hasil analisis tersebut, adapun penyebab kesalahan-kesalahan terjadi, yaitu siswa kurang memperhatikan guru dan kurang teliti dalam menulis. Selain itu, guru kurang inovatif memilih metode dan media pembelajaran dan kurang terperinci dalam menjelaskan materi ejaan. Oleh karena itu, solusi yang dapat diberikan peneliti kepada guru, yaitu lebih inovatif dalam memilih metode dan media pembelajaran, lebih banyak memberikan latihan-latihan menulis, dan lebih rinci dalam mejelaskan materi penulisan ejaan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:54
Last Modified: 10 Jun 2024 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28194

Actions (login required)

View Item View Item