Analisis Model Bisnis Pada Perusahaan Jenang Mirah Ponorogo Dengan Pendekatan Business Model CanvaS (BMC)

Avelina, Desi Metalia (2024) Analisis Model Bisnis Pada Perusahaan Jenang Mirah Ponorogo Dengan Pendekatan Business Model CanvaS (BMC). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
401190045_DESI METALIA AVELINA_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Avelina, Desi Metalia. Analisis Model Bisnis Pada Perusahaan Jenang Mirah Ponorogo Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC). Skripsi 2024. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing: Dr. Hj. Ely Masykuroh, M.Si.
Kata Kunci: Business Model Canvas, Analisis SWOT, Strategi Bisnis.
Perkembangan dunia bisnis saat ini sudah semakin pesat, sehingga mengakibatkan persaingan bisnis yang ketat. Perusahaan Jenang Mirah adalah salah satu perusahaan makanan khas daerah di Kabupaten Ponorogo yang sudah dikenal masyarakat sejak lama. Persaingan yang ketat dalam dunia bisnis membuat perusahaan Jenang Mirah memiliki ketakutan dalam mengatur strategi bisnisnya. Salah satu ketakutan perusahaan Jenang Mirah adalah apabila selera konsumen berubah sehingga mempengaruhi pelanggan untuk beralih ke merek lain dan lebih memilih makanan modern.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis gambaran model bisnis yang dijalankan Perusahaan Jenang Mirah Ponorogo dan menganalisis perancangan strategi bisnis yang sesuai dan disarankan untuk diterapkan di Perusahaan Jenang Mirah Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan pengolahan data menggunakan Businesss Model Canvas, kemudian mengevaluasi setiap elemen pada Business Model Canvas menggunakan analisis SWOT.
Hasil penelitian ini menunjukkan gambaran business model canvas yang ada pada perusahaan Jenang Mirah yaitu customer segments untuk semua kalangan, value propositions yaitu bahan baku alami tanpa pengawet, merek terkenal, banyak pilihan pembayaran. Channels yaitu toko sendiri, agen dan reseller. Customer relationship yaitu tatap muka, whatsapp, google maps. Key activity yakni pembelian bahan baku, proses produksi, pengemasan, pemasaran. Key resources yaitu karyawan, toko, pabrik,peralatan, sertifikat. Key partnership yaitu pemasok bahan baku, agen, reseller. Revenue stream yaitu penjualan produk toko. Cost structure yaitu biaya tenaga kerja, biaya bahan baku, biaya overhead pabrik. Perancangan strategi yang bisa diterapkan berdasarkan analisis SWOT adalah strategi SO mempertahankan kualitas, bekerja sama dengan agen tour travel, gojek, grab, membuat online store. Strategi WO menjaga hubungan baik mitra, responsif terhadap pelanggan, ikut even pemerintah. Strategi ST memperbarui kemasan, menambah varian, mengembangkan media sosial. Strategi WT mencari alternatif pemasok, memberikan diskon pelanggan, membentuk tim promosi dan controlling.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:54
Last Modified: 10 Jun 2024 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28193

Actions (login required)

View Item View Item