..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..RELEVANSI KITAB TAYSIR AL-KHOLLAQ KARYA IMAM HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DENGAN MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH

Nuraini Kartika Mayeli, Aini (2024) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG)..RELEVANSI KITAB TAYSIR AL-KHOLLAQ KARYA IMAM HAFIDZ HASAN AL-MAS’UDI DENGAN MATERI PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX MADRASAH TSANAWIYAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
201200158_NURAINI KARTIKA MAYELI_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akhlak merupakan ilmu dasar dalam Islam yang mana cangkupannnya mennyangkut ke berbagai kalangan. Baik yang berhubungan langsung dengan Tuhannya, dengan orang lain, ataupun dengan diri sendiri dalam kehidupan sehari-hari dimanapun dan kapanpun. Ilmu Akhlak dikaji dikalangan sekolah formal dan juga dikalangan pesantren. Akhlak dijelaskan dalam berbgai kitab, salah satu kitab yang mempelajari akhlak adalah kitab Taysir Al-khollaq karya Imam Hafidz Hasan Al-Mas’udi. Kitab Taysir Al-khollaq membahas mengenai dasar materi akhlak yang ringan untuk dipelajari, serta memiliki beberapa persamaan pembahasan yang ada didalam Buku Ajar Akidah Akhlak Kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Berdasarkan uraian diatas, maka tujuan peneliti adalah sebagai berikut:1) Untuk materi Akidah Akhlak dalam kitab Taysir Al-khollaq karya Imam Hafidz Hasan Al-Mas’udi. 2) Untuk menjelaskan Relevansi kitab Taysir Al-khollaq karya Imam Hafidz Hasan Al-Mas’udi terhadap materi pelajaran akhlak kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenisnya yaitu Library Research (penelitian kepustakaan), dengan menggunakan teknis analisis konten. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kitab Taysir Al-khollaq dan buku ajar akhlak kelas IX Madrasah Tsanawiyah. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu a) memilih dan menetapkan pokok bahasan yang dikaji sesuai dengan materi akhlak, b) mengumpulkan data dari buku yang sesuai dengan materi akhlak, c) menganalisis dan mengklarifikasi sesuai dengan materi akhlak melalui data yang diperoleh d) menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menunjukkan hasil bahwa: 1) Materi akhlak yang dijelaskan didalam kitab terdapat 30 pasal dan 1 pasal tentang akidah. Penullis merangkum menjadi 3 pembagian. Dimana pada bagian yang pertama berisikan tentang Akidah yakni tentang taqwa. Materi akidah dijelaskan secara ringkas, lugas dan jelas. Pada bagian yang kedua berisikan tentang akhlak kepada Kedua, pembahasan selanjutnya terkait dengan ranah akhlak. Materi akhlak yang terdapat dalam kitab tentang akhlak kepada diri sendiri, adab kepada saudara, teman dan tetangga 2)Relevansi kitab Taysir Al-khollaq karya Imam Hafidh Hasan al-Mas’udi terhadap materi akidah akhlak kelas IX Madrasah Tsanawiyah yakni terdapat beberapa pembahasan yang sama seperti bab akhlak kepada diri sendiri, akhlak kepada saudara, akhlak kepada teman, akhlak kepada tetangga, adab makan dan minum. Pembahasan yang terdapat dalam kitab dapat ditambahkan dan di relevansikan menjadi tambahan referensi dalam buku ajar akidah akhlak kelas IX Madrasah Tsanawiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Jun 2024 01:54
Last Modified: 10 Jun 2024 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28185

Actions (login required)

View Item View Item