M Shahal, Alifi (2024) Menumbuhkan Sikap Toleransi Di Sd Bright Kiddie School Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
skripsi.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Alifi, Shahal M, 2024. Menumbuhkan Sikap Toleransi Di SD Briht School Ponorogo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Negeri Ponorogo. Pembimbing: Weni Tria Anugrah Putri, M. Pd.
Kata Kunci : Menumbuhkan Sikap, Toleransi.
Indonesia merupakan bangsa yang memiliki karakter unik yaitu terdiri dari bermacam-macam agama, ras, suku, dan bahasa yang terbagi dalam pulau-pulau. Indonesia adalah negara yang beraneka ragam agama dan budayanya. Namun, Indonesia dinilai sebagai negara yang menjunjung tinggi toleransi seperti di Sd Bright Kiddie School Ponorogo terdapat tiga agama yaitu katolik, kristen dan islam.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui lembaga sekolah dalam menumbuhbkan sikap toleransi pada aspek saling menghargai satu sama lain; (2) mengetahui lembaga sekolah dalam menumbuhkan sikap toleransi pada aspek menghargai perbedaan orang lain; (3) mengetahui lembaga sekolah dalam menumbuhbkan sikap toleransi pada aspek kepedulian satu sama lain.
Adapun dalam melakukan penelitian ini dirancang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitiannya lapangan, pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi melakukan analisis data yang sudah diperoleh. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deduktif, yaitu suatu cara atau jalan yang dipakai untuk mendapatkan ilmu pengetahuan ilmiah dengan berangkat menggunakan teori yang bersifat umum yang kemudian ditarik untuk mendapatkan kesimpulan yang bersifat khusus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya (1) SD Bright Kiddie School Ponorogo menumbuhkan sikap toleransi pada aspek saling menghargai satu sama lain melalui Program Stop Bullying. Dengan mengajarkan nilai-nilai seperti tidak menghakimi, menghormati perbedaan, dan komunikasi positif, sekolah menciptakan lingkungan sekolah yang aman, sanksi untuk pelanggaran disesuaikan dengan tingkat kesalahan, dengan penekanan pada toleransi. Kebiasaan saling menghormati ditanamkan melalui kegiatan seperti pramuka dan P5. (2) SD Bright Kiddie School Ponorogo juga berhasil menumbuhkan sikap toleransi pada aspek menghargai perbedaan orang lain melalui Program Bright Soul. Dengan mendidik siswa tentang perbedaan agama, suku, ras, dan budaya, sekolah mengajarkan nilai-nilai menghormati, konsekuensi terhadap siswa disesuaikan dengan kesalahan mereka, termasuk teguran lisan untuk memberikan pemahaman terkait kebijakan sekolah. (3) Melalui Program Bright Sharing membantu SD Bright Kiddie School Ponorogo menumbuhkan sikap toleransi pada aspek kepedulian satu sama lain. Melalui program ini, sekolah bertujuan membentuk sikap toleransi, peduli terhadap sesama, dan aktif dalam P5. Guru memberikan teguran lisan sebagai konsekuensi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Weni Tria Anugrah Putri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 01:48 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 01:48 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28173 |
Actions (login required)
View Item |