Puspitasari, Dian (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan dan Costumer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank BMI KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
e thesis.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Puspitasari, Dian. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan dan Costumer Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Nasabah di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Skrpsi. 2024. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ajeng Pipit Fitriani, M.S.A.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan, CRM, Loyalitas Nasabah
Pada masa sekarang ini, persaingan dalam dunia bisnis terutama perbankan semakin ketat dan kompetitif. Loyalitas nasabah seharusnya dijadikan target tertinggi yang harus dibangun dan dicapai oleh para manajemen di perbankan khususnya perbankan syariah. Hal tersebut dikarenakan tingkat persaingan antar lembaga keuangan syariah semakin ketat. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin rendahnya loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepusan dan CRM terhadap loyalitas nasabah di Bank Muamalat KCP Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada nasabah Bank Muamalat KCP Ponorogo dengan populasi sebanyak 7000 nasabah dan sampel sejumlah 100 responden dengan teknik incidental sampling. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda yang terdiri dari uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi yang diolah menggunakan alat bantu SPSS Statistic 22.
Hasil penelitian ini berdasarkan uji t menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Variabel kepuasan tidak berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, variabel costumer relationship marketing berpengaruh postif dan signifkan terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan uji F menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan, kepuasan dan costumer relationship marketing secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Ajeng Pipit Fitriani |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 11:07 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 11:07 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/28155 |
Actions (login required)
View Item |